Kompas.com - 02/10/2022, 16:07 WIB
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Keberadaan kementerian yang fokus di bidang pendidikan tentu sangat penting bagi berjalannya suatu pemerintahan di negara. Terutama karena bertanggung jawab untuk sebuah bidang administrasi umum pemerintahan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sendiri telah ada sejak awal kemerdekaan tahun 1945 meskipun mengalami beberapa perubahan nama.

Melansir dari situs resmi Kemendikbud Ristek, berikut sejarah Kemendikbud Ristek sejak awal kemerdekaan hingga sekarang ketika dipimpin Nadiem Makarim.

Baca juga: 400 Anggota Tim Bayangan Nadiem Merendahkan SDM Kemendikbud Ristek

Sejarah Kemendikbud Ristek

Setidaknya ada beberapa sejarah Kemendikbud Ristek dari awal Kemerdekaan sampai saat ini. Sejarah ini diharapkan bisa diketahui oleh siswa, mahasiswa maupun masyarakat Indonesia.

1. Awal Kemerdekaan (1945-1950)

Sebelum Indonesia merdeka, pendidikan dilakukan bukan untuk mencerdaskan kaum pribumi, melainkan demi kepentingan kolonial penjajah.

Pada masa ini, semangat untuk membangun identitas diri sebagai bangsa merdeka begitu kental.

Maka, tidak heran instruksi menteri pun berkaitan dengan upaya memompa semangat perjuangan dengan mewajibkan bagi sekolah untuk mengibarkan sang merah putih setiap hari di halaman sekolah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga menghapuskan nyanyian Jepang Kimigayo.

Organisasi kementerian bernama Kementerian Pengajaran yang dipimpin pertama kali oleh Menteri Pengajaran Ki Hadjar Dewantara pun masih sangat sederhana. Namun, kesadaran untuk menyiapkan kurikulum sudah dilakukan.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Ubah SNMPTN-SBMPTN Jadi SNBP dan SNBT

Pada Kabinet Syahrir I, Menteri Pengajaran dipercayakan kepada Todung Sutan Gunung Mulia.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.