Kompas.com - 28/09/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan (Disdik) melakukan revitalisasi dengan konsep net zero carbon atau netralitas karbon pada empat sekolah. Bangunan sekolah tersebut nantinya diyakini akan ramah lingkungan.

Sekolah net zero carbon diklaim sebagai bangunan dengan emisi rendah, hemat saat beroperasi dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan, sehingga emisi karbon yang dihasilkan sangat minim.

Alasan pemilihan gedung sekolah sebagai pioner berkonsep net zero carbon, menurut Disdik DKI, karena dinilai menjadi sebuah gerakan besar menuju bangunan emisi rendah pertama atau bahkan mencapai neraca zero emisi.

Baca juga: UNJ Jadi Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional DKI Jakarta

4 sekolah net zero carbon di Jakarta

Adapun empat sekolah yang sedang direvitalisasi dengan konsep net zero carbon tersebut yakni:

1. SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur

2. SDN Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan

3. SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan

4. SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat

OLeh karena itu, empat sekolah yang dipilih diharapkan menjadi contoh bangunan masa depan untuk generasi muda kelak.

Lebih lanjut Disdikti DKI menuliskan bahwa sasaran pembangunan dengan konsep net zero carbon tersebut juga menyasar pada kebutuhan bangunan yang sehat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga: 15 SMA Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK 2022 Versi LTMPT

Hal tersebut dapat menjadi upaya preventif dan mitigasi penyebaran Covid-19, terutama kluster-kluster perkantoran, kluster keluarga, kluster pemukiman atau kluster dalam bangunan (indoor).

Dapat juga menjadi upaya pencegahan melalui perubahan bangunan dan lingkungan menjadi tempat yang aman dan sehat.

Harapannya rebab gedung sekolah negeri di Jakarta secara keseluruhan mengarah ke konsep green building. Mulai dari transisi energi hingga pengelolaan air limbah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.