Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kampus Bidang Cyber Security Terbaik Dunia dan Pilihan Beasiswanya

Kompas.com - 26/09/2022, 09:49 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com– Pemberitaan terkait rentannya keamanan dan pencurian data yang menyerang berbagai perusahaan besar hingga situs pemerintah, membuat bidang keamanan siber atau cyber security menjadi sorotan.

Bagi kamu yang berminat ingin melanjutkan pendidikan di bidang cyber security, tersedia banyak universitas terbaik yang dapat menjadi pilihan. Menariknya, tersedia pilihan beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti LPDP Kemenkeu dan BPI Kemendikbus Ristek untuk melanjutkan studi cyber security dengan pembiayaan penuh.

Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan cyber security. Program cyber security akan membekali mahasiswa untuk mampu menjaga keamanan, mendeteksi ancaman, dan merespon gangguan pada sebuah sistem informasi.

Baca juga: 5 Sekolah Penerbangan di Indonesia untuk Jadi Pilot, Intip Biayanya

Kamu juga akan mempelajari teknik merancang sistem keamanan dan pengujian sistem pertahanan dari serangan siber. Oleh karena itu, jurusan tersebut mencakup ilmu komputer, pemrograman, keamanan informasi, dan lainnya.

7 kampus terbaik untuk belajar cyber security dan pilihan beasiswanya

Berikut sejumlah universitas terbaik dengan kualitas pendidikan terjamin yang menyediakan jurusan cyber security dan cakupan beasiswanya, dilansir dari laman Instagram lembaga Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

1. Carnegie Mellon University (CMU), Amerika Serikat

CMU merupakan salah satu universitas riset swasta yang berlokasi di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Universitas tersebut memiliki lebih dari 14.500 mahasiswa, sekitar 1.300 fakultas, dan 109.900 alumni yang berasal dari sekitar 140 negara. CMU menyediakan program pendidikan S1, S2, dan S3 yang berkualitas.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

CMU dikenal sebagai salah satu kampus unggulan bidang cyber security pada jenjang master atau S2. Bahkan, mahasiswa Carnegie Mellon University berkesempatan belajar langsung dengan United States Computer Emergency Readiness Team (US CERT) tentang sistem siber keamanan negara.

Beberapa program yang ditawarkan adalah Information Networking (MSIN), Information Security (MSIS), Artificial Intelligence Engineering, Cyber Forensics and Incident Response Tranck, And Bicoastal Program (Information Security or Mobile And loT Engineering).

Persyaratan umum

Wajib memiliki ijazah Sarjan (S1) dengan IPK minimal 3.0 dan memiliki skor TOEFL 102 iBT/IELTS 7.5.

Program beasiswa

Bagi kamu yang tertarik mengambil program beasiswa, dapat mencoba beberapa program ini:

  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
  • Fulbright Scholarship
  • Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Info lebih lanjut kunjungi laman https://www.cmu.edu

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Universitas yang berdiri tahun 1865 ini terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. MIT termasuk lembaga pendidikan independen yang relevan dengan kebutuhan negara di Amerika yang semakin maju.

Universitas ini berhasil membangun tradisi yang kuat untuk memecahkan masalah demi kepentingan publik di persimpangan teknologi dan kemanusiaan.

MIT dikenal sebagai salah satu kampus yang memiliki jurusan cyber security terbaik di dunia dengan prrogram S1, S2, dan S3.

Beberapa program yang ditawarkan yakni Artificial Intelligence Technology And Systems, Cyber-Physical Systems, Cyber Operations And Analysis Technology, Cyber System Assessments, Secure Resilient System and Technology.

Persyaratan umum

Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi yakni:

  • Kelengkapan data dan informasi pribadi menyangkut individu pelamar, pendidikan, keaktifan dalam organisasi, dan membuat esai kegiatan, transkrip nilai dari SMA.
  • Mencantumkan hasil tes SAT atau ACT sebagai bukti kecakapan dalam berbahasa Inggris
  • Ada surat rekomendasi dari guru sesuai jurusan yang dipilih.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Program beasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com