Kompas.com - 15/09/2022, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Time-out adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendisiplinkan anak ketika melakukan perbuatan yang melanggar aturan yang telah disepakati bersama.

Bagi orangtua, metode time-out dapat menjadi salah satu cara untuk memberikan konsekuensi pada anak tanpa marah-marah. Sebab, orangtua memiliki waktu untuk mengelola emosi.

Menurut penelitian, time-out dinilai efektif untuk memberikan konsekuensi pada anak ketika mereka melakukan kesalahan, ketimbang orangtua memarahinya.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Melansir laman Sekolah BPK Penabur, metode time-out dilakukan dengan cara menempatkan anak di sebuah ruangan yang "membosankan" bagi anak, tanpa ada mainan atau tontonan, termasuk tak ada orang yang memperhatikannya.

Di tempat tersebut, anak dibiarkan sediri dalam beberapa waktu, untuk melakukan refleksi.

Namun, perlu dicatat, time-out harus dilakukan dengan benar supaya dapat membawa efek positif dalam mendisiplinkan anak.

Bila tidak, anak bisa merasa bahwa orangtua dan orang sekitarnya mengasingkan dirinya. Ini tentu dapat menyakiti hati anak. Sehingga metode ini menjadi tidak efektif.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

5 tips menerapkan metode time-out

1. Buat kesepakatan dengan anak di awal

Orangtua harus memberikan penjelasan secara rinci kepada anak, tindakan seperti apa yang akan diberi time-out.

Misalkan, “Kalau kamu tidak mengerjakan PR, kamu akan diberi time-out,” anak akan lebih mudah mengerti ketimbang, “Kalau kamu tidak mau belajar, kamu akan diberi time-out.”

Orang tua pun harus menerapkan metode ini secara konsisten terhadap tindakan anak yang telah dijelaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.