Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lancar Public Speaking ala Akademisi IPB

Kompas.com - 11/09/2022, 14:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tips public speaking sangat diperlukan bagi anak-anak muda khususnya mahasiswa agar lancar saat berkomunikasi di hadapan khalayak.

Kemampuan public speaking ini tidak hanya menunjang saat kuliah tetapi juga setelah memasuki dunia kerja. Seperti saat melakukan presentasi di hadapan banyak orang.

Menurut Founder Speakup Class Staff Promosi Biro Komunikasi Institut Pertanian Bogor (IPB) Haikal Saputra, kunci komunikasi dalam public speaking terangkum dalam 3V yakni Verbal Kata sebesar 7 persen, Vokal Suara sebesar 38 persen dan Visual Penampilan sebesar 55 persen.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan dalam public speaking? Melansir dari akun Instagram resmi Institut Pertanian Bogor, Haikal menerangkan ada dua persiapan penting public speaking, yakni persiapan mental dan fisik.

Baca juga: Seleksi Masuk PTN Diubah, Rektor Unair: Peminatan Sejak SMA Perlu Dipertimbangkan

Tips lancar public speaking

A. Persiapan mental

1. Dapat dipercaya

Haikal menerangkan, persiapan mental saat public speaking salah satunya yaitu menjadi pembicara yang dapat dipercaya.

Agar materi dapat diterima oleh audiens, pembicara harus memastikan bahwa audiens memiliki kepercayaan kepada pembicara.

2. Kenali arena

Selain itu, persiapan mental lainnya dalam public speaking yaitu mengenali arena. Ketahui posisi saat materi disampaikan apakah dalam posisi duduk atau berdiri. Apakah memungkinkan adanya mobilitas atau statis berdiri di atas podium dan lain sebagainya.

3. Kawan bicara

Haikal menyampaikan, ubah mindset bahwa audiens adalah kawan bicara bukan lawan bicara. Dengan mengetahui latar belakang kawan bicara, kita dapat menyesuaikan diri sehingga tidak ada gap yang berarti diantara para pembicara.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1 Banyak Jurusan

4. Positive thinking

Pemikiran yang positif akan membuat kondisi mental lebih sehat.

5. Rileks

Tips lancar public speaking menurut akademisi IPB ini yang lainnya adalah bersikap rileks. Atasi gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam. Kamu juga bisa menggerakan badan, berdiri tegak dengan bahu dan dada yang tegap serta tersenyumlah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com