Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KT&G dan Sangsang Univ Indonesia Gelar Aksi Penanaman Bakau di Kawasan Ekowisata

Kompas.com - 26/08/2022, 12:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - KT&G dan Sangsang Univ Indonesia menjalankan program penanaman pohon bakau secara sukarela di sebuah kawasan ekowisata di Jakarta Utara pada 12 Agustus 2022.

Dua puluh peserta, termasuk staf KT&G dan anggota komunitas mahasiswa Sangsang Univ, berpartisipasi dalam program ini. Dalam program ini, sejumlah sukarelawan menanam pohon bakau demi mengatasi dampak perubahan iklim dan mengurangi risiko banjir di Jakarta.

Sebanyak 50 bibit pohon bakau ditanam oleh sukarelawan di lubang lumpur sedalam 50 cm. Setelah menanam bibit pohon bakau, sukarelawan juga mengumpulkan sampah di sekitarnya.

Sekitar 15 kg sampah berhasil dipungut sukarelawan pada hari tersebut.

Yoon Sik Jung, Chief of Global Headquarter of KT&G melalui rilis resmi (26/8/2022) menjelaskan, “sebagai sebuah perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari satu dekade, kami menjalankan kegiatan sukarela di wilayah setempat."

Tujuannya adalah mengatasi perubahan iklim dan pencemaran lingkungan. Selain menanam pohon bakau, kami akan memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan melalui beragam kegiatan lain,” tegas Yoon Sik Jung.

Salah satu pegawai KT&G, Jesi Rizky Anindya menyampaikan, “tanggungjawab sosial perusahaan dalam pelestarian alam telah terpenuhi lewat program penanaman pohon bakau secara sukarela. Program ini menjadi momen untuk membersihkan udara dan air di Jakarta.”

KT&G dan Sangsang Univ Indonesia menjalankan program penanaman pohon bakau secara sukarela di sebuah kawasan ekowisata di Jakarta Utara (12/8/2022)DOK. SANGSANG UNIV KT&G dan Sangsang Univ Indonesia menjalankan program penanaman pohon bakau secara sukarela di sebuah kawasan ekowisata di Jakarta Utara (12/8/2022)

Sebelumnya, pada 20 Maret 2022, anggota KT&G Sangsang Univ Indonesia juga turut membersihkan Sungai Ciliwung. Sebanyak 11 sukarelawan terlibat membersihkan sungai, menanam pohon, melepaskan ikan, serta kegiatan edukasi tentang ekosistem Sungai Ciliwung.

Farhan, seorang anggota Kelompok Sukarelawan KT&G Sangsang Univ Indonesia, memberikan kesannya mengikuti kegiatan ini, “saya gembira berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan pelestarian alam, termasuk edukasi tentang Sungai Ciliwung dan pelepasan ikan.”

Farhan menambahkan, “ke depan, kami akan melestarikan alam lewat langkah kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.”

Baca juga: STP Trisakti Gelar USI UNESCO Chair Summer School 2022 Promosikan Wisata Berkelanjutan

Sebagai informasi, inisiatif filantropi KT&G, Sangsang Univ bertujuan ingin meningkatkan pemahaman mahasiswa secara lintasbudaya dan peluang mereka mencari pekerjaan.

KT&G telah menjalankan Sangsang Univ di Indonesia sejak 2016. Lewat sejumlah kegiatan dan program, KT&G Sangsang Univ Indonesia menjangkau generasi muda di seluruh Indonesia. Beberapa program Sangsang termasuk kursus daring, Sahabat Sangsang, dan Sukarelawan Sangsang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com