Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

STP Trisakti Gelar "USI UNESCO Chair Summer School 2022" Promosikan Wisata Berkelanjutan

Kompas.com - 23/08/2022, 15:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menggelar "USI UNESCO Chair Summer School 2022" bertajuk “IMAGINE – ICTs to Promote Sustainable Heritage Tourism in Indonesia” pada 16-23 Agustus 2022.

Summer School ini diikuti 28 peserta, dari tujuh negara yakni Indonesia, Italia, Peru, Serbia, Swiss, Thailand, dan Amerika Serikat. Para peserta dari Indonesia mewakili beberapa provinsi yakni Jakarta, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Summer School mempertemukan peserta dengan pakar akademis, industri dan kunjungan lapangan di mana para peserta dapat mendekati beberapa elemen warisan Indonesia yang sangat kaya.

Dari situ diharapkan peserta akan mampu merefleksikan bagaimana media digital dapat diimplementasikan dan diatur untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan pemahaman yang lebih baik tentang warisan.

Fokus khusus Summer School tahun ini adalah pada warisan tekstil Batik, yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2009.

Kunjungan lapangan mencakup empat kota (Jakarta, Bogor, Solo dan Yogyakarta), dua situs Warisan Dunia (Kompleks Candi Prambanan dan Kompleks Candi Borobudur), dua Keraton  (Mangkunegaran dan Yogyakarta), Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi, serta museum, seperti Museum Tekstil, Museum Nasional, Museum Danar Hadi dan Museum Radya Pustaka.

Apresiasi Menkoparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambut peserta melalui pesan video dan memberi apresiasi atas kegiatan yang digelar STP Trisakti ini.

Sandiaga juga berharap, kegiatan Summer School ini dapat memberikan pengalaman belajar dan praktek secara komprehensif untuk mendukung pariwisata di dunia khususnya di Indonesia.

Baca juga: Pariwisata Berkelanjutan Jadi Tren Setelah Pandemi, Sandiaga Uno Puji Program Desa Sudaji

Dalam kesempatan sama, Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati berharap, para peserta akan berbagi praktik terbaik dan menginspirasi lebih beragam kerjasama antara para peserta untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Situs Cagar Budaya Dunia UNESCO melalui pemanfaatan teknologi komunikasi.

Peserta juga telah disambut oleh Moe Chiba, Kepala Seksi dan Spesialis Program Kebudayaan UNESCO Office Jakarta. Mereka juga telah belajar tentang inisiatif penting untuk melibatkan masyarakat lokal oleh Diana Setiawati dari Unit Kebudayaan UNESCO Indonesia.

Selain instruktur dari Trisakti dan Ketua USI UNESCO, pembicara kunci dalam kegiatan ini antara lain:

  • Hendro Wicaksono (Direktorat Pengelolaan Koleksi Ilmiah BRIN)
  • Prof. Eni Harmayani (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM)
  • Mayjen TNI Budi Pramono (Dosen Universitas Pertahanan Republik Indonesia)
  • Sisca Soewitomo (Pakar Kuliner)
  • Didiet Maulana (Pendiri Ikat Indonesia)
  • Hokky Situngkir (Peneliti dan Pendiri Perpustakaan Budaya Digital Indonesia)
  • Ade Kadarisman (Pendiri & Peneliti Sustainable Development Goal Center)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com