Kompas.com - 10/08/2022, 21:53 WIB

KOMPAS.com - Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar kegiatan lokakarya bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), kelompok tani dan pengusaha UMKM di Desa Kuripan, Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Lokakarya bertajuk "Penguatan Manajerial Bumdes dan Pelatihan Pembuatan Merk dan Kemasan untuk UMKM" mendapat pendanaan dari Kemendikbud Ristek tahun 2022.

Sebagai informasi, Desa Kuripan merupakan desa binaan UMJ yang secara resmi bermitra sejak 2020 diawali dengan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Kolaborasi keduanya dalam rangka penerapan catur darma telah dilakukan sejak 2018 silam melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Bertempat di Kantor Desa Kuripan (9/8/2022), workshop menghadirkan dua narasumber dari kalangan praktisi yakni Deden Rahmanudin (Pendamping dan Pemberdaya Kementerian Desa sekaligus Direktur Bumdes Samigi) dan Oktaviana Purnamasari (Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMJ sekaligus Anggota Program Pengmas).

Pada tersebut, Lusi Andriyani, Ketua Program Pengmas menyampaikan, program yang sedang berlangsung merupakan pendanaan hibah dari Kemendikbud Ristek dalam lingkup pemberdayaan masyarakat.

"Program ini bukan tiba-tiba. Bapak dan ibu peserta workshop hadir di sini difasilitasi atas hibah yang diperoleh dari Kemendikbud Ristek. Proposal kami diterima dan mendapatkan fasilitas untuk pemberdayaan masyarakat," jelas Lusi saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut Lusi juga menjelaskan, potensi yang dimiliki Desa Kuripan dapat dikembangkan, salah satunya memanfaatkan potensi wilayah berupa sungai untuk dijadikan desa wisata.

Berdasarkan pemaparan Lusi, program pengmas melibatkan peran mahasiswa lintas keilmuan diantaranya, Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Agribisnis (Fakultas Pertanian), dan Arsitektur (Fakultas Teknik).

Baca juga: Didanai Ratusan Miliar, Ini Jadwal Program Penelitian dan Pengmas 2022

 

"Pelibatan mahasiswa terkait dengan kebutuhan program diantaranya pendampingan UMKM dan pembangunan desa wisata," jelas Lusi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.