Kompas.com - 10/08/2022, 18:16 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 resmi dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah pada Selasa (9/8/2022).

Acara itu merupakan hasil kerja sama Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI) dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Baca juga: Guru Besar IPB Ini Soroti Dampak Kenaikan Tarif Masuk Pulau Komodo

Saat KPDI ke-13, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, di era transformasi digital, Perpusnas mempunyai tugas memperluas akses digital perpustakaan untuk mempercepat terwujudnya manusia unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Demi mewujudkan transformasi digital, kata dia, banyak tantangan harus yang dihadapi.

"Mengubah kebijakan, menciptakan regulasi, apalagi mengubah dari manual ke digital itu luar biasa tidak mudah," ucap dia dalam keterangannya, Rabu (8/10/2022).

Namun demikian, dirinya menegaskan Perpusnas akan memberikan dukungan penuh kepada program-program yang diselenggarakan Forum Perpustakaan Digital Indonesia ke depannya.

"KPDI merupakan mitra penting bagi Perpusnas untuk mempercepat transformasi digital," ungkap dia.

Di samping itu, transformasi digital harus terus didukung, mulai dari menyiapkan infrastruktur digital, mengubah cara berpikir ke arah digital, hingga bagaimana produk digital dapat dijual di pasar digital.

Menurut dia, literasi bermuara pada munculnya inovasi yang dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan masyarakat untuk bersaing dalam kancah global.

Baca juga: Kebut PTN-BH, Unesa Percepat Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

"Tantangannya adalah bagaimana memperbanyak buku-buku digital, buku-buku life skill, buku-buku tutorial," sebut dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.