Total Hadiah Rp 3 Miliar, Kompetisi BAIA 2022 Greenovator Dibuka untuk Periset dan Inovator

Kompas.com - 09/08/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - PT Bukit Asam menggelar Bukit Asam Innovation Awards (BAIA) 2022 Greenovator guna mengakselerasi adopsi teknologi dekarbonisasi sebagai alternatif dalam menjawab tantangan perubahan iklim di Indonesia.

Kegiatan yang mendukung transisi menuju energi bersih ini terbuka bagi periset dan inovator dan telah mulai membuka pendaftaran kompetisi BAIA 2022 Greenovator hingga 31 Agustus 2022.

"Kami masih membuka kesempatan seluas-luasnya bagi inovator dalam negeri yang berkiprah di bidang teknologi dekarbonisasi untuk mendaftar ke kompetisi BAIA 2022 dan berkolaborasi bersama kami untuk membantu mewujudkan komitmen pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah presidensi G20 dalam mendukung transisi energi hijau untuk menanggulangi isu perubahan iklim," ujar Ketua Panitia BAIA 2022 Iko Gusman melalui rilis resmi (9/8/2022).

Bukit Asam juga mendorong partisipan yang telah mendaftar untuk segera mengumpulkan konsep ide dan solusinya sebelum tenggat waktu pendaftaran terlewat.

Total hadiah 3 miliar

Untuk kompetisi BAIA 2022, Bukit Asam menyediakan total hadiah utama mencapai Rp 3 miliar untuk 10 karya terbaik dari dua kategori kompetisi, yakni Carbon Capture, Utilization, dan Storage (CCUS) dan Carbon Reduction.

Juara pertama pada kategori CCUS berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 miliar apabila karya inovasi yang didaftarkan memiliki Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) 7-9 atau Rp 500 juta apabila karya inovasi didaftarkan dengan TKT 4-6.

Pada kategori Carbon Reduction, juara pertama berhak atas hadiah sebesar Rp 150 juta.

Tidak hanya hadiah berupa uang, Bukit Asam juga mengapresiasi partisipasi karya inovasi para pemenang dalam upaya menurunkan emisi global ini melalui dukungan pendaftaran Hak atas Kepemilikan Intelektual (HAKI) bagi para pemenang.

Baca juga: Pertamina Sepakati 4 Peluang Kemitraan Strategis untuk Keberlanjutan Energi dan Dekarbonisasi

 

Bukit Asam bekerja sama dengan para inovator pemenang untuk mengembangkan serta mengaplikasikan ide-ide tersebut.

Setelah proses pendaftaran berakhir, tahapan kompetisi BAIA 2022 dilanjutkan dengan masa penilaian selama dua bulan yang akan melibatkan dewan juri dengan kompetensi di bidang teknologi energi, yaitu:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.