Kompas.com - 02/08/2022, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Musim Panas pada 1 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan kerja sama Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan Konstanz University of Applied Sciences, Jerman.

Liliana Muliastuti, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ dalam laporannya mengatakan, program BIPA dua tahun lalu sudah meluncurkan program ini dan tiap tahun peminatnya terus bertambah.

Tahun 2020 peminatnya delapan orang, tahun 2021 peminatnya enam orang, dan tahun 2022 peminatnya dua puluh tiga orang. Dari Konstans University, hadir luring sebanyak 16 orang, dan di secara daring melalui Zoom sebanyak 7 orang.

“Pada program musim panas ini, kami sudah menyiapkan program selama dua minggu akan dikemas secara menyenangkan. Mudah-muhan teman-teman Konstans akan menikmati pengajaran sehari penuh dari pukul 08.00 sampai 14.30 untuk tiga mata kuliah yang akan ditransfer alih kredit menjadi enam satuan kredit semester,” jelas Liliana.

Prof. Komarudin Rektor UNJ dalam sambutan memberikan apresiasi kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam program ini.

“Saya berharap supaya pembelajaran tidak membosankan dan jangan gunakan model lama lagi. Learning by doing akan lebih menyenangkan, melalui kegiatan wisata misalnya. Karena bahasa merupakan sebuah keterampilan maka belajarnya melalui praktek,” jelas Prof. Komarudin.

Mudah-mudahan, lanjut Rektor, dalam waktu dua minggu bisa cukup waktu bisa mengenal Indonesia, Jakarta, dan UNJ, dan pulang membawa bekal Bahasa Indonesia yang memadai, harap Prof. Komarudin.

Dalam kesempatan sama, Prof. Christian dari Kostanz University mengaku senang sekali mengadakan program BIPA UNJ di Jakarta setelah Covid dua tahun terakhir.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Korea di Korsel, Dapat Tunjangan Hidup

“Saya yakin dua minggu ini akan menjadi waktu bagi kita semua dengan kenangan indah. Progam BIPA dan language program merupakan bagian integral dari semester internasional kami di Indonesia. Kami sangat berterimakasih kepada UNJ atas dukungan dan pelaksanaan yang professional,” ujar Prof. Christian.

Sala satu mahasiswa Konstanz University, peserta program BIPA UNJ, Rumesya Efilti, juga mengungkapkan rasa senangnya dalam mengikuti program ini.

“Kami berharap selama program ini kami bisa belajar dan memperluas Bahasa Indonesia. Saya juga ingin berterima kasih kepada UNJ yang telah memberikan kesempatan untuk datang ke sini untuk mengikuti kelasnya," ujarnya.

Hadir dalam acara yang digelar di Kampus A UNJ ini: Rektor UNJ Prof. Komarudin, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Liliana Muliastuti, Wakil Dekan, dan para dosen pengajar program BIPA, serta para mahasiswa peserta program BIPA UNJ.

Hadir pula secara daring Prof. Christian von Lubke, Head of Southeast Asia Studies, Konstanz University, Jerman, dan juga mahasiswa peserta BIPA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.