Kompas.com - 19/07/2022, 20:23 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Talk show mengenai isu prioritas ketenagakerjaan generasi muda turut meramaikan rangkaian kegiatan KTT Y20 di Gedung V Nusantara, Senin (18/7/2022).

Para narasumber yang hadir dalam forum ini menyoroti sejumlah isu seperti bonus demografi, perlindungan sosial, serta dunia kerja yang semakin fleksibel.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Dorong Cepat Sekolah Buka PTM 100 Persen

Bonus demografi adalah keadaan di mana penduduk berusia produktif lebih besar jumlahnya dari pada penduduk berusia nonproduktif.

Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah salah satu dari negara yang tengah mengalami bonus demografi. Besarnya populasi berusia produktif dapat bermanfaat dalam mendorong pembangunan.

Menurut Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Guy Ryder, pemerintah perlu memastikan generasi muda memiliki akses ke pekerjaan yang layak, agar bisa menangkap peluang bonus demografi.

Guy turut menekankan pentingnya akses pada pelatihan khususnya yang bersifat berkelanjutan.

“Ketika kita melihat bonus demografi, itu tidak selalu menjadi suatu hal yang membebani belanja. Khususnya bagi negara berkembang, ini adalah kesempatan untuk membangun perlindungan sosial yang bisa membantu masyarakat kita untuk berlayar di dunia yang menantang dan kompleks,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (19/8/2022).

Guy menegaskan perlindungan sosial didesain untuk mendorong orang agar terlibat dalam perekonomian formal.

Co-Chair T20 Taskforce Inequality, Human Capital, and Well-Being, Vivi Alatas mengatakan, tiada negara yang kebal terhadap krisis pangan, energi maupun kesehatan.

Namun, terjadinya krisis menyebabkan masyarakat untuk keluar-masuk garis kemiskinan.

Baca juga: Mahasiswa UNY Ini Kenalkan Pempek di Jerman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.