Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIP Kuliah 2022 Bisa Digunakan Daftar di UM Surabaya, Ini Syaratnya

Kompas.com - 17/07/2022, 17:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) termasuk salah satu program pemerintah kepada siswa lulusan SMA, SMK, MA sederajat berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Selain bisa digunakan untuk semua jalur pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN), KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) lho.

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) termasuk PTS yang menyediakan kuota bagi calon mahasiswa baru peserta KIP Kuliah 2022.

Beasiswa KIP Kuliah UM Surabaya telah memasuki gelombang 3 yang telah dibuka sejak 1 Juli 2022 hingga 23 Agustus 2022 dan akan diumumkan pada 31 Agustus mendatang.

Baca juga: Mahasiswa Unair Bagikan Tips Raih Prestasi di Kancah Internasional

Beasiswa KIP K UM Surabaya masuk gelombang 3

Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan perluasan akses dan kesempatan di perguruan tinggi bagi mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak mampu secara ekonomi.

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Radius Setiyawan mengatakan, program beasiswa KIP Kuliah UM Surabaya ada setiap tahun dan jumlah penerimanya sesuai kuota yang diberikan pemerintah.

"Beasiswa KIP K UM Surabaya sudah memasuki gelombang 3. Sebelumnya di gelombang 1 dan 2 kami telah menyeleksi ratusan pendaftar," terang Radius seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Jalur Kemitraan Undip Masih Dibuka, Calon Mahasiswa Segera Daftar

UM Surabaya pastikan KIP Kuliah tepat sasaran

Radius menerangkan, puluhan pendaftar yang dinyatakan lolos beasiswa KIP Kuliah gelombang 1 dan 2 telah mengikuti pembekalan dari universitas.

Setelah dinyatakan lolos, lanjut Radius, tim UM Surabaya akan melakukan kunjungan ke rumah guna mengetahui tujuan beasiswa KIP Kuliah tepat sesuai sasaran.

"Saat ini UM Surabaya sudah diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah, sehingga semua fakultas di UM Surabaya bisa diakses melalui jalur beasiswa KIP-K, kecuali Fakultas Kedokteran (FK)," beber Radius.

Ia menambahkan, proses pendaftaran hingga penggunggahan berkas beasiswa KIP Kuliah UM Surabaya dilaksanakan secara online.

Baca juga: Unpad Buka Pendaftaran SMUP IUP Gelombang III, Cek Syaratnya

Berkas yang harus diunggah

Berkas yang harus diunggah calon mahasiswa yaitu:

1. Nilai raport semester I-V dengan nilai minimal 7,5

2. Melampirkan foto kondisi rumah

3. Melampirkan kartu KIP Kuliah atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kepala desa.

Radius mengaku, peminat beasiswa KIP Kuliah setiap tahun selalu membludak. Pendaftar melebihi kuota yang telah ditetapkan.

Banyaknya jumlah pendaftar beasiswa KIP Kuliah UM Surabaya mengindikasikan bahwa UM Surabaya adalah pilihan banyak calon mahasiswa memilih pendidikan.

Pihak universitas akan terus berkomitmen membantu pemerintah dalam memutus rantai kemiskinan. Salah satunya melalui pendidikan sekaligus meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar bagi siapa saja.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Anak Putus Sekolah, Minder dan Jadi Pemalas

Untuk info seputar beasiswa di UM Surabaya, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman resmi UM Surabaya melalui um-surabaya.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com