Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascasarjana UNJ Gelar Konferensi Internasional Wujudkan World Class University

Kompas.com - 16/07/2022, 14:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi "International Conference on Humanities, Education and Social Sciences (ICHEdS) 2022" yang diselenggarakan pada 16-17 Juli 2022.

Dalam konferensi internasional ini, UNJ bekerja sama dengan Asia University, Taiwan dan Victoria University of Wellington, New Zealand dengan mengusung tema “Innovative Education to Embrace Adaptability and Transformation for Society 5.0 Era.”

Konferensi bertujuan menyatukan para sarjana akademisi terkemuka, kelompok ilmuwan, dan praktisi multi-disiplin dari seluruh dunia.

Konferensi internasional berupaya mempresentasikan dan bertukar ide terkait berbagai bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Dasar, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Multikultural, Manajemen Pendidikan, Pengukuran dan Penilaian dalam Pendidikan, dan Pendidikan Lingkungan Hidup, baik berkaitan dengan aplikasinya, tren, dan kebutuhan masa depan.

ICHEdS pada tahun 2022 ini menerima 170 pendaftaran dan 120 abstrak yang diterima dengan peserta berasal dari 11 negara, yaitu Australia, Pakistan, India, Indonesia, Irak, Hong Kong, Arab, Taiwan, Jerman, New Zealand, dan Vietnam.

Konferensi juga menampilkan 7 orang pembicara, yaitu Prof. Rekha Koul (Curtin University, Australia), Prof. Hafid Abbas (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia), Prof. Yinghuei Chen (Asia University, Taiwan), Prof. Kuen Fung Kenneth SIN (The Education University of Hongkong, Hongkong), Prof. Fauzia Shamim (Ziauddin University, Pakistan), Prof. Wolfgang Hasberg (University of Cologne, Jerman), Prof. Stephen Dobson (Victoria University of Wellington, New Zealand).

Selain melakukan konferensi internasional, ICHEdS juga mengadakan workshop menulis dengan pembicara Lynette Pretorius, dari Monash University, Australia.

Peserta juga mengirimkan makalah kepada panitia yang nantinya akan di ajukan ke special issue di beberapa jurnal internasional, dan makalah yang memenuhi kriteria akan dipublikasi di jurnal internasional tersebut.

Baca juga: PTM 100 Persen, Pulihkan Pendidikan Indonesia akibat Pandemi

Menuju universitas kelas dunia

Pada kesempatan acara, Prof. Arita Marini, Ketua Pelaksana ICHEdS 2022 mengungkapkan bahwa kegiatan ICHEdS 2022 ini merupakan kelanjutan dari ICHEdS 2019 yang merupakan salah satu upaya penciptaan suasana akademik dengan mengembangkan SDM.

"Hal ini sesuai Renstra Pascasarjana UNJ yang secara konsisten untuk mencapai rekognisi internasional melalui perluasan akses internasional," ungkap Prof. Arita Marini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com