Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Sinarmas Eka Bangsa Berkomitmen Hadirkan Pendidikan Bermutu di Desa Bukit Batu

Kompas.com - 09/07/2022, 09:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menjawab keterbatasan sarana pendidikan di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Kemering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa menghadirkan Sekolah Sinarmas Eka Bangsa (SEB).

SEB menjadi sekolah kedua yang dibangun oleh Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa setelah Sinarmas World Academy yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan.

“Sekolah Sinarmas Eka Bangsa diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan membantu Pemerintah dalam melakukan percepatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia,” kata Santo, perwakilan Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa melalui rilis diterima Kompas.com (8/7/2022).

Dalam tahap awal, SEB membuka kelas untuk jenjang pendidikan anak usia dini: kelompok bermain (usia 3-4 tahun), TK A (usia 4-5 tahun), dan TK B (usia 5-6 tahun); juga jenjang pendidikan sekolah dasar: SD kelas 1 (usia 6-7 tahun), SD kelas 2 (usia-7-8 tahun), dan SD kelas 3 (usia 8-9 tahun).

Menggunakan kurikulum 2013, TK SEB memastikan agar anak-anak belajar dan berkembang dengan baik, sehat, dan aman. Melalui proses pembelajaran yang menarik dan interaktif, diharapkan setiap anak dapat memiliki landasan yang tepat dengan cara yang menyenangkan.

Kurikulum 2013 juga digunakan di jenjang sekolah dasar SEB yang diterapkan dengan metode inkuiri, yaitu pengalaman belajar yang dapat mendorong rasa ingin tahu siswa-siswi, serta melatih keterampilan penelitian sederhana.

Baca juga: Peserta Kampus Mengajar Bantu Adaptasi Teknologi di 3.846 Sekolah

Metode ini juga dilengkapi dengan keberadaan guru sebagai fasilitator, mediator, dan motivator dalam melakukan proses pembelajaran.

Ke depannya, secara bertahap SEB berencana untuk membuka kelas sampai jenjang SMA yang dilengkapi dengan fasilitas yang beragam seperti lapangan olahraga, ketersediaan teknologi yang maju, serta kegiatan belajar-mengajar yang penuh dengan kreativitas serta inovasi.

Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa menghadirkan Sekolah Sinarmas Eka Bangsa (SEB) di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Kemering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, DOK. SEB Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa menghadirkan Sekolah Sinarmas Eka Bangsa (SEB) di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Kemering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan,

Hari pertama kegiatan belajar mengajar rencananya akan dimulai pada Senin, 11 Juli 2022.

Mempersiapkan tahun ajaran baru, Sekolah Sinarmas Eka Bangsa juga telah melaksanakan kegiatan orientasi orangtua pada Jumat, 7 Juli 2022 di Ruang Serikat Pekerja kantin Seruni kawasan SEB.

Selain perwakilan Dinas Pendidikan,turut hadir perwakilan Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa Susanto dan Mariama, Kepala Sekolah Sinarmas World Academy.

Baca juga: 3 Hal Penting Pendidikan Kesehatan Jiwa di Sekolah

Santo turut hadir untuk bertemu dan menyambut para orangtua. Dalam sambutan, Santo berharap SEB akan mampu melahirkan generasi unggul yang mampu mewujudkan Indonesia Emas di masa mendatang.

“Kami berharap ke depannya sekolah Sinarmas Eka Bangsa mampu membimbing siswa-siswi untuk mengasah kemampuan berimajinasi, berkreasi, dan berinovasi,” pungkas Santo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com