Kompas.com - 07/07/2022, 09:45 WIB
|

KOMPAS.com - Ternyata, mendengarkan musik bisa menjadi sarana terapi bagi seseorang. Dalam ilmu psikologi, musik atau lagu memang dapat menjadi media terapi bagi individu dengan masalah kesehatan mental.

Menurut Dosen Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Atika Dian Ariana, SPsi., MSc., musik termasuk dalam kelompok terapi seni yang umum digunakan sebagai media psikoterapi.

Psikoterapi lewat musik pun dapat dilakukan secara mandiri dan termasuk dalam self-help. Untuk itu, seseorang bisa mendengarkan musik yang dia sukai.

Baca juga: Anak Suka Bermain Musik dan Gerak? Berikut Ini 15 Manfaatnya

Kenali jenis musik kesukaan

Ahli Konseling Terapeutik ini menjelaskan langkah pertama untuk memaksimalkan efek penyembuhan dari musik adalah mengenali jenis atau genre musik kesukaan.

Hal tersebut penting karena musik memberikan efek terapeutik tidak secara langsung, melainkan lewat bagaimana individu memberikan apresiasi dan persepsi pada musik tersebut.

Dikatakan, tahun 1990-an sempat populer musik klasik seperti Beethoven atau Bach digunakan untuk menstimulasi otak bayi. Namun Atika menekankan bahwa penggunaan musik sebagai psikoterapi tidak terpaku pada satu atau dua genre tertentu. Musik sebagai terapi bersifat custom dan sangat personal.

"Seseorang bisa saja merasa tenang mendengarkan musik beritme cepat seperti rock. Berarti dia memang disitu genrenya," ujarnya dikutip dari laman Unair, Rabu (6/7/2022).

Tetapi, ada juga yang bisa lebih tenang dan lancar belajar jika mendengar musik instrumental. Tentu semua tergantung dari kesukaan masing-masing individu.

Baca juga: Guru Besar IPB: Ini Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Beri efek baik pada tubuh

Sedangkan berikutnya ialah mengamati respon emosi dan fisik ketika mendengarkan musik itu sendiri. Hayati dan dengarkan musik secara mindful untuk melihat bagaimana respon tubuh dan emosi.

Langkah itu juga penting untuk menentukan musik apa yang benar-benar memberikan efek pada diri sendiri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.