Kompas.com - 02/07/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Ternyata, kualitas kedelai lokal bisa menyamai kedelai impor. Sebab, kandungan gizi kedelai lokal tidak kalah luar biasa.

Menurut Guru Besar Ilmu Gizi IPB University, Prof. Evy Damayanthi, kualitas varietas kedelai lokal tidak kalah bersaing dengan kedelai impor.

Di Indonesia, sebanyak 50 persen dari konsumsi kedelai Indonesia sebagian besar diproduksi menjadi olahan tempe dan tahu.

Sedangkan olahan kedelai fermentasi seperti tempe ternyata meningkatkan ketersediaan biologis zat gizi dan menyebabkan tempe mengandung vitamin B12. Vitamin B12 ini biasanya tidak dapat ditemukan pada nabati lainnya dan hanya ditemukan pada daging.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Dibandingkan kacang lainnya, kedelai lokal memiliki keunggulan yakni kandungan jenis asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Manfaat kedelai untuk kesehatan

Kandungan gizi lainnya juga dapat bermanfaat untuk mencegah anemia, menurunkan hipertensi dan meningkatkan imunitas.

"Kandungan gizi pada hasil olahan kedelai cenderung masih tetap baik," ujar Prof. Evy seperti dikutip dari laman IPB University saat dirinya menghadiri Webinar Propaktani gelaran Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, Kamis (30/06/2022).

Selain itu, kandungan gizi ini tergantung jenis olahannya karena cara mengolah dan sifat makanannya akan mempengaruhi kandungan gizi.

Menurutnya, komponen bioaktif isoflavon pada kedelai juga memiliki aktivitas fisiologis terkuat sebagai antioksidan. Kandungan isoflavon kedelai lokal Devon I dan Argomulyo lebih tinggi dibandingkan kedelai impor.

Baca juga: 6 Tips Menyimpan dan Mengonsumsi Buah-Sayur ala Dosen UGM

Antioksidan ini sangat baik untuk menangkal penyakit kronis. Berdasarkan hasil uji laboratorium, kapasitas antioksidan pada tempe kedelai lokal dan impor juga tidak berbeda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.