Kompas.com - 02/07/2022, 12:39 WIB
|

KOMPAS.com - Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih para calon mahasiswa di jenjang perguruan tinggi. Selain berdasarkan bakat dan minat, kamu juga perlu mempertimbangkan tingkat keketatan jurusan kuliah pilihanmu.

Di kelompok Sosial Humaniora (Soshum) ada jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa. Sebutan BK tentu tidak asing karena semasa sekolah juga ada guru bimbingan konseling yang biasa membantu para siswa yang sedang mengalami permasalahan.

Ada beberapa alasan lho yang membuat jurusan Bimbingan dan Konseling ini bisa menjadi pilihanmu di masa penerimaan mahasiswa baru.

Melansir dari laman Masoem University, Sabtu (2/7/2022), bagi siswa yang suka bersosialisasi, bersifat tenang atau sabar dalam menghadapi suatu masalah, jurusan Bimbingan dan Konseling bisa menjadi salah satu jurusan potensial di zaman sekarang ini.

Baca juga: Perusahaan Kontruksi Lepas Pantai Ini Buka Lowongan Kerja S1/S2

Jurusan ini terdiri dari dua kata yang berbeda yaitu Bimbingan dan Konseling. Bimbingan berarti segala masukan atau saran informatif yang diberikan oleh para ahli psikologis.

Sedangkan konseling berarti sesi penyelesaian atau tahap pemberi solusi untuk menangani masalah pribadi yang bersifat psikologi.

Berdasarkan gabungan kedua kata tersebut, jurusan Bimbingan dan Konseling merupakan jurusan yang mempelajari segala teori psikologi yang berkaitan untuk menangani masalah masyarakat secara mental.

Berikut alasan-alasan kenapa calon mahasiswa yang suka bersosialisasi harus pilih jurusan Bimbingan dan Konseling:

1. Ilmunya bisa dipakai untuk hal yang berguna

Ilmu yang dipelajari di jurusan Bimbingan dan Konseling bisa dikatakan sebagai ilmu yang cukup penting.

Baca juga: Guru Besar IPB Ungkap Keunggulan Kedelai Lokal dan Manfaatnya

Ilmu psikolog yang ada di Bimbingan dan Konseling bisa dipakai untuk mengatasi masalah yang dihadapi orang lain. Bahkan bisa dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan pendekatan secara persuasif seperti konsultan, tim sales, dan konselor.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.