Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 15:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu program studi (Prodi) di Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih akreditasi internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC).

Prodi itu ialah Prodi Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung.

Menurut Kepala Pusat Akreditasi Nasional dan Internasional LP3M Unila, Priyambodo, M.Sc., Prodi Kimia Unila jadi yang perdana di luar Pulau Jawa meraih predikat akreditasi dari organisasi internasional berbasis di Cambridge, London, Inggris.

Baca juga: Ini 12 Kampus Swasta Terakreditasi Unggul BAN-PT

"Berdasarkan hasil pleno yang dilakukan tim RSC, pada 6 Juni 2022, Program Studi Kimia FMIPA Unila berhasil terakreditasi internasional," ujarnya dikutip dari laman Unila, Kamis (30/6/2022).

Adapun proses akreditasi internasional ini sudah dilakukan sejak 2021. Yakni diawali dengan pendaftaran, lalu tim RSC melakukan asesmen lapangan ke Unila pada 10 November 2021, dilanjutkan dengan rapat pleno di waktu yang berbeda.

"Saat itu, ada beberapa catatan yang diberikan tim RSC untuk dilengkapi. Alhamdulillah, tim bergerak cepat melengkapi berkas dan dokumen yang diminta dan segera disubmit kembali ke RSC," terangnya.

Dikatakan, Prodi Kimia juga sudah memiliki pondasi yang bagus, mulai dari kualitas SDM, manajemen, sarana prasana, dan tridarma perguruang tinggi dari sivitas akademikanya.

Menurutnya, Prodi Kimia sudah memiliki rasio dosen bergelar S3 dan profesor yang ideal, serta produktif menghasilkan publikasi jurnal internasional.

Baca juga: 11 Kampus di Jakarta Terakreditasi A dan Baik Sekali oleh BAN-PT

Selain itu, dosen-dosen di Prodi Kimia juga leading dalam perolehan hibah-hibah penelitian, baik tingkat nasional maupun internasional.

Tak hanya itu saja, keberhasilan meraih akreditasi internasional ini juga ditopang jejaring Prodi Kimia dengan perguruan tinggi papan atas nasional yang telah terakreditasi RSC dan memiliki asesor RSC.

Hal ini memudahkan Prodi Kimia di perguruan tinggi negeri (PTN) Lampung atau Unila dalam mengadopsi langkah-langkah untuk proses akreditasi internasional.

Ia juga menilai, jajaran di Prodi Kimia juga adaptif merespons berbagai perubahan kebijakan dari pusat, sehingga cepat menyesuaikan aturan-aturan baru terkait akreditasi internasional dan sejenisnya.

Adapun peraihan akreditasi internasional dari RSC ini, memenuhi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) poin ke-8, yaitu Program Studi Berstandar Internasional.

Sesuai kebijakan Kemendikbud Ristek, akreditasi internasional itu berdasarkan outcome based. Dan kurikulum yang dimiliki suatu program studi ataupun jurusan harus berdasarkan learning outcome sehingga profil para lulusan terbentuk.

Priyambodo menambahkan, pada 2021 terdapat 15 prodi yang didaftarkan mengikuti akreditasi internasional. Sedang di tahun ini sudah disubmit dan tinggal menunggu jadwal visitasi.

Baca juga: 15 Kampus di Yogyakarta Terakreditasi A, Baik Sekali dan Baik oleh BAN-PT

Dia menargetkan pada tahun ini juga akan mendaftarkan 15 prodi lagi untuk mengikuti akreditasi internasional, sehingga diharapkan pada 2023 ada 30 prodi di Unila yang terakreditasi internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com