Kompas.com - 28/06/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com -Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) telah masuk dalam tahap uji klinis fase III.

Agenda Uji Klinis Fase-3 Vaksin Merah Putih termasuk progres program dari pemerintah Indonesia yang melibatkan beberapa institusi.

Hal ini, disampaikan langsung oleh Ketua tim peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) Prof Fedik Abdul Rantam. 

Ia mengatakan Unair memiliki tiga varian platform, namun yang diandalkan sebagai vaksin anak bangsa merupakan platform inactivated.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

“Melalui sampel 59, kita dapat mengisolasi virus Covid pada saat itu terdapat 27 isolat, yang kemudian divalidasi menjadi 3 isolat kemungkinan bisa dikembangkan. Dari ketiga isolat, kita lakukan uji berbagai macam, mulai dari stabilitas gen, stabilitas imun genitasnya, dan stabilitas pertumbuhan," jelas Prof Fedik, dilansir dari laman Unair saat hadir di agenda Kick Off Uji Klinis Fase-3 Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga digelar secara online dan offline di Aula Fakultas Kedokteran Unair, Senin (27/06/2022).

"Tinggal satu yang kita peroleh dan dapat dikembangkan menjadi vaksin,” tambahnya lagi. 

Ia mengatakan Unair pertama kali mendapatkan isolated virus pada 2020. Dari penemuan itu, penelitian terus berjalan sampai pada uji pre-klinis.

Prof Fedik berterima kasih atas bimbingan dari tim BPOM dalam pembuatan vaksin yang baik dan benar.

“Kami sudah bertekad untuk mengembangkan vaksin dan merealisasikan menjadi satu, dan ini berkat partner lainnya. Konsep dari pengembangan vaksin ini triple helix menjadi pentahelix, karena melibatkan media massa dan sosial,” tuturnya.

Baca juga: Mengapa Film Horor Hantunya Selalu Perempuan?

Vaksin Merah Putih bisa atasi Varian Delta, Omicron, dan Virus baru

Sementara itu, Prof Fedik mengatakan bahwa perkembangan Covid-19 dari varian Delta, Omicron, ataupun varian baru lainnya naik turun sampai sekarang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.