Kompas.com - 19/06/2022, 05:37 WIB
|

KOMPAS.com - Menjaga pola makan adalah cara paling tepat agar tubuh tetap sehat. Karena itu, mengonsumsi makanan tidak bisa sembarangan.

Memilih makanan yang baik seperti sayuran segar dan biji-bijian adalah bagian dari gaya hidup sehat.

Selain itu, mengetahui makanan mana yang harus dihindari dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena kanker, terutama kanker usus besar.

Baca juga: Ini 3 Perbedaan Letak Sakit Kepala, Info Ners Unair

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ada beberapa langkah untuk mencegah kanker usus besar.

Hal tersebut dimulai dengan mengatur pola makan Anda, yang dapat mempengaruhi risiko Anda terkena kanker usus besar. Faktanya, makanan tertentu dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker usus besar sebanyak 37 persen.

Makanan penyebab kanker usus besar

Ada tiga makanan yang harus Anda hindari untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar, yaitu:

1. Daging olahan dan daging merah

Olahan pertama ialah daging olahan dan daging merah. Tapi jika daging olahan dan daging merah seperti bacon, salami, atau daging sapi adalah bagian dari makanan Anda, maka perhatikan dengan baik berapa banyak yang Anda konsumsi.

Peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari (yang setara dengan satu hot dog atau empat potong daging asap) dapat meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 18 persen.

Baca juga: Ners Unair: 6 Vitamin untuk Kulit agar Sehat Berikut Jenis Makanannya

Meskipun Anda tidak harus berhenti sepenuhnya mengonsumsi daging olahan dan daging merah, tapi Anda harus berhati-hati dan tidak berlebihan.

Untuk mengurangi risiko kanker usus besar, maka bisa ditukar daging merah dengan unggas dan ikan. Ini dapat membantu untuk memulai dari yang kecil dengan menukar makanan ini sekali atau dua kali seminggu pada awalnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.