Kompas.com - 14/06/2022, 15:18 WIB

KOMPAS.com - Bahasa adalah salah satu alat untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Selain bahasa Indonesia, pemahaman tentang bahasa Inggris dapat melatih anak agar dapat berinteraksi dengan berbagai jenis orang dari negara mana saja.

Kemampuan bahasa Inggris akan membantu anak tumbuh lebih cerdas, daya intelektualnya semakin tinggi, wawasannya semakin luas, hingga lebih berpotensi mendapatkan pendidikan yang baik di masa depan karena mampu memahami bahasa yang digunakan di banyak sumber pembelajaran.

Bahkan kini, semua pekerjaan memiliki syarat yang tinggi akan kemampuan bahasa Inggris. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk mulai mengajarkan anak beberapa bahasa sedini mungkin.

Apapun motivasi orangtua, berbicara dan mengajarkan anak beberapa bahasa akan sangat bermanfaat bagi anak.

Baca juga: Kemendikbud: Cara Melatih Motorik Kasar dan Halus Anak Usia Dini

Berikut tips membesarkan anak dengan dua bahasa, merangkum laman Sekolah BPK Penabur:

1. Perkenalkan dua bahasa sedini mungkin

Saat anak mulai belajar bicara, ia mulai memahami perbedaan bahasa yang ia gunakan atau yang orang gunakan. Anak yang sudah mengenal beberapa bahasa sejak dini akan lebih mudah fasih.

Membesarkan anak dengan beberapa bahasa sejak dini lebih baik karena seiring bertambahnya usia anak maka kemampuan penyerapan terhadap sesuatu akan terus menurun. Sehigga, usia balita adalah waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan anak dua bahasa.

2. Kenalkan melalui nyanyian, bacaan dan mainan

Cara lain yang dapat orangtua lakukan ialah mengenalkan bahasa melalui aktivitas yang menyenangkan, seperti bernyanyi, membacakan cerita ataupun dengan mainan tertentu.

Penuhilah rumah dengan musik, bacaan dan tontonan yang menggunakan bahasa yang diinginkan.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Jika kata-kata dihubungkan dengan nada dan lagu, biasanya akan membuat anak menjadi lebih mudah mengingatnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.