Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Bosan di Rumah? Ini 4 Aktivitas Menyenangkan Sambil Belajar

Kompas.com - 30/05/2022, 13:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi anak yang mulai merasa bosan ketika di rumah, maka orangtua bisa melakukan beberapa hal agar anak tidak bosan lagi.

Caranya tentu bukan bermain dengan gawai, tetapi dengan aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Manfaat lainnya, anak bisa sambil belajar.

Tapi, bagaimana caranya? Tentu, cara menyiasati keadaan ini dapat dengan menyiapkan aktivitas belajar yang menarik perhatian anak sehingga anak akan fokus lebih lama saat belajar.

Baca juga: Ortu, Ini Solusi Jika Anak Tak Mau Bergaul

Yang tak kalah penting juga untuk orangtua dapat membimbing pada kegiatan yang memiliki arti.

Aktivitas menyenangkan di rumah bagi anak

Melansir laman Zenius, Kamis (12/5/2022), berikut ini 4 aktivitas menyenangkan bagi anak di rumah:

1. Belajar dengan banyak media

Dibandingkan orang dewasa, anak cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa berkonsentrasi. Dengan media pembelajaran seperti puzzle atau gambar berwarna anak-anak akan lebih bersemangat dalam belajar.

Tapi, sebisa mungkin media pembelajaran ini sesuai dengan pelajaran anak. Jadi alat peraga tersebut memiliki konteks pembelajaran sehingga anak akan lebih mudah memahami alur pembelajaran.

Selain membuat anak lebih mengerti, konteks pembelajaran berupa media belajar juga menciptakan pembelajaran yang lebih meaningful. Media pembelajaran bisa berupa gambar atau foto, peta atau globe bahkan video juga termasuk.

Baca juga: 6 Gangguan Perkembangan Anak Leukemia, Info Ners Unair

2. Anak diajarkan mengatur jadwal sendiri

Tanpa disadari, mengatur jadwalnya sendiri dapat memberikan rasa tanggung jawab karena adanya kesibukan yang dapat mereka lakukan. Ditambah, aktivitas ini dapat membuat anak dan orangtua menghargai proses.

Selain itu, kegiatan ini membiarkan anak berpikir tentang apa yang ingin dilakukan, memperkirakan bagaimana kegiatannya akan berlangsung.

Aktivitas anak di rumah yang satu ini membantu anak merefleksikan apa yang biasa dilakukan sehari-hari dan dituliskan dalam rencana kegiatan atau jadwal.

Orangtua dapat mengarahkan anak untuk memasukkan tugas sehari-hari ke dalam jadwal tersebut. Tugas dapat berupa membersihkan tempat tidur atau merapikan barang setelah digunakan.

3. Ajari anak berempati

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com