Kompas.com - 28/05/2022, 07:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Konten kreator jadi salah satu profesi yang banyak diincar anak muda zaman muda sekarang. Hal ini juga selaras dengan perkembangan teknologi digital saat ini.

Saat ini seorang konten kreator juga banyak dicari oleh dunia kreatif di Indonesia. Selain bisa memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat dengan konten yang dibikin, menjadi konten kreator juga bisa menghasilkan cuan lho.

Alumnus Gizi Universitas Airlangga (Unair) Mochammad Rizal yang juga seorang konten kreator media sosial aktif membagikan tips gaya hidup sehat, olahraga, menjaga kebugaran, dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Bank Permata Buka Lowongan Kerja bagi S1, Ayo Daftar

Rizal memilih aktif di media sosial karena suka mengajar dan memberikan kebermanfaatan ke banyak orang. Selain itu, menurutnya media sosial lebih bisa menjangkau masyarakat terkini.

"Ibaratnya, kalau edukasi program Puskesmas biasanya tertarget. Umumnya hanya dihadiri kurang dari 50 orang, butuh tempat khusus, dan lain-lain. Tetapi dengan menggunakan media sosial, bahkan bisa menjangkau 100.000 orang dengan sekali posting" kata mahasiswa yang sedang studi S2 di Cornell University seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (27/5/2022).

Tips menjadi konten kreator

Selanjutnya, pemilik akun @rizalnutritionist ini juga membagikan tips dan trik dalam pemilihan topik konten. Ia berhasil membuat kedekatan dengan para audiens berkat kerecehannya.

Baca juga: Tips Menulis Personal Statement, Mahasiswa Perlu Tahu

1. Topik yang sederhana

"Pemilihan topik itu yang penting tidak terlalu rumit dan mudah dipahami oleh audience," terang Rizal.

2. Tentukan Niche

Ia menyarankan untuk memilih niche atau topik spesifik yang mau dibahas. Artinya, tidak membahas semua agar memiliki ciri khas dalam personal branding.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.