Kompas.com - 18/05/2022, 10:51 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tradisi Lebaran di Indonesia memiliki keunikan di masing-masing daerah. Bahkan keunikan tersebut tidak ditemukan di negara lain.

Karena tradisi Lebaran yang sudah dilakukan sejak nenek moyang ini membuat momen Lebaran sangat dirindukan khususnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri.

Sama halnya yang dirasakan Dosen Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Ilham Akhsanu Ridlo. Idul Fitri tahun 2022 ini, ia bersama keluarganya merayakan Lebaran di Jerman.

Saat ini Ilham sedang menempuh pendidikan S3 Fakultas Ilmu Sosial di Ludwig-Maximilians-Universität (LMU) München, Jerman.

Baca juga: Kisah Atlet Difabel, Berjuang Ikuti UTBK SBMPTN 2022 di Unnes

Sedang menempuh S3, rayakan Idul Fitri di Jerman

Sedangkan istrinya yang juga merupakan dosen Psikologi Unair, Rizqy Amelia Zein menempuh pendidikan juga di Fakultas Psikologi LMU.

Tahun ini adalah kali pertama mereka merasakan Lebaran di Jerman. Ilham mengungkapkan, tidak ada perayaan khusus Lebaran yang ada di Jerman.

"Sebagian umat Muslim bahkan kembali beraktivitas seperti biasa setelah salat Idul Fitri," tutur Ilham seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (17/5/2022).

Ilham mengaku, mereka tetap saling berkumpul dan bermaaf-maafan. Karena kebetulan di Munchen ini terdapat komunitas Muslim-Indonesia (PM3).

"Kami mengadakan acara makan bersama dengan masakan-masakan khas Indonesia," beber Ilham.

Baca juga: Pengamat UGM Komentari Penyesuaian Tarif Listrik Progresif

Bersama istri dan dua anaknya, Ilham juga masih melaksanakan sebagian kecil tradisi berlebaran ala Indonesia. Seperti memasak menu khas Lebaran yakni opor ayam dan lontong, serta membuat nastar.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.