Kompas.com - 17/05/2022, 18:11 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) gelombang I serentak dilaksanakan hari ini, Selasa (17/5/2022).

Para calon mahasiswa berjuang agar bisa masuk ke universitas incarannya. Perjuangan agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) incaran juga dilakukan Riko Wahyu Diyanto.

Meski memiliki keterbatasan fisik, tidak menjadi penghalang bagi Riko untuk mendaftarkan diri ke Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Riko Wahyu Diyanto menjadi peserta difabel pada SBMPTN 2022 dan mengikuti UTBK di Pusat UTBK Unnes.

Baca juga: Pengamat UGM Komentari Penyesuaian Tarif Listrik Progresif

Atlet difabel cabang olahraga Boccia ikuti UTBK SBMPTN 2022

Dia merupakan atlet difabel cabang olahraga Boccia Jawa Tengah yang meraih Medali Perak di PON Papua 2021.

Riko mengatakan, mimpinya untuk menjadi mahasiswa jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes.

"Mimpi saya ingin menjadi mahasiswa jurusan Psikologi FIP Unnes, untuk itu saya bersemangat untuk mengikuti UTBK di Unnes," kata Riko seperti dikutip dari laman Unnes, Selasa (17/5/2022).

Meski awalnya Riko merasa kesulitan untuk mencari informasi terkait UTBK, tapi dengan kegigihan dirinya berhasil mendapatkan informasi tersebut melalui orang terdekat.

Baca juga: Dimulai Hari Ini, Cek Cara Pengajuan Akun PPDB DKI Jakarta Jenjang SD

Ditentang orangtua

Dengan terbata-bata, Riko menceritakan respon orang tua yang awalnya tidak menyetujui dirinya mengikuti UTBK karena keterbatasan fisik.

"Jujur respon orang tua sedikit tidak menyetujui karena keterbatasan fisik. Namun saya tetap bersikukuh untuk ikut dan ini menjadi usaha saya dalam mengangkat derajat martabat orang tua saya," beber Riko.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.