Kompas.com - 15/05/2022, 11:03 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu alumnus Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas), Qonita Kurnia Anjani membawa nama baik almamater.

Pasalnya, di usia 25 tahun Qonita berhasil meraih gelar doktor di Queen’s University Belfast, Irlandia Utara. Ia memang tertarik dengan pengembangan obat-obatan sejak semester satu di Unhas.

Melansir laman resmi Unhas, Kamis (12/5/2022), Qonita sudah lama tertarik dengan dunia obat-obatan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Lho Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika

Ia kemudian mulai menekuni bidang penelitian tentang teknologi penghantaran obat, khususnya teknologi yang memungkinkan obat bisa masuk ke dalam kulit.

Sejak itu, dirinya aktif mengikuti berbagai perlombaan yang berhubungan dengan penelitian di bidang farmasi.

Dituangkan di skripsi

Adapun ketertarikannya tersebut kemudian dituangkan dalam skripsi yang membahas tentang gel. Belakangan ia tahu, ternyata di luar negeri sudah dikembangkan teknologi serupa yang lebih praktis, yaitu microneedle.

"Bentuknya seperti patch yang dilengkapi dengan jarum-jarum mikro, yang dapat menghantarkan obat tanpa darah dan rasa sakit," ujarnya dikutip dari laman Unhas.

Ia awalnya terdaftar memperoleh beasiswa sebagai mahasiswa S2 di Queen’s University Belfast, dengan masa studi dua tahun.

Baca juga: Buruh Ini Tak Menyangka, Dua Putrinya Bisa Kuliah Gratis di UNY

Usai, melewati tahap initial review (evaluasi progres penelitian tiga bulan pertama), dosen pembimbing di Queen’s University Belfast melihat potensi penelitian yang ia garap, sehingga ia pun didorong melanjutkan penelitian S3.

Pertimbangannya, penelitian yang Qonita lakukan memenuhi standar untuk program Ph.D.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.