Kompas.com - 15/05/2022, 10:27 WIB
|

KOMPAS.com - UIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) bakal menganugerahi gelar Doktor Kehormatan atau Dr HC untuk Menteri Agama periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin.

Adapun penganugerahan Dr HC kepada Lukman Hakim Saifuddin (LHS) akan dilakukan secara langsung di kampus UIN Jakarta pada 31 Mei 2022 mendatang.

Melansir laman UIN Jakarta, Jumat (13/5/2022), Lukman Hakim Saifuddin akan diberi gelar karena jasa-jasanya membangun negeri.

Baca juga: Ini Cara Daftar Jalur Seleksi Mandiri UIN Jakarta

Tentu terutama dalam hal pengembangan pendidikan Islam dan moderasi beragama di Indonesia.

Sedangkan bertindak selaku Promotor adalah Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora dan Rektor UIN Jakarta periode 1998-2006, Azyumardi Azra.

Mantan Menag ini di Jakarta pada 26 November 1962 dari pasangan Saefuddin Zuhri dan Solichah.

Ia menempuh pendidikan di SD Negeri Jakarta dan Madrasah Ibtidaiyah Manaratul Ulum Jakarta, SMP Negeri XI Jakarta, Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (1983), dan S1 Fakultas Dakwah Universitas Islam As-Syafiiyah, Jakarta (1990).

Usia 35 jadi anggota DPR

Ternyata, Lukman Hakim pada usia 35 tahun menjadi anggota DPR RI periode 1997-1999 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai kendaraan politiknya.

Selanjutnya, tiga kali pemilu berturut-turut dia menjadi anggota DPR (1997-1999, 1999-2004, 2004-2009) dan terakhir Wakil Ketua MPR RI (2009-2014).

Sedangkan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), LHS diangkat sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Ia menjalani sebagai menteri selama tiga bulan untuk menggantikan Suryadharma Ali (Ketua Umum DPP PPP) di masa akhir periode SBY.

Baca juga: Kerjakan Tugas Lebih Efektif dengan Monotasking, Mahasiswa Yuk Coba

Baru pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi), LHS kembali diangkat menjadi Menteri Agama RI dalam kabinet Indonesia Kerja (2014-2019).

Tak hanya itu saja, Lukman Hakim Saifuddin selain pernah menjadi Menteri Agama, ayah tiga anak itu juga sempat aktif dalam berbagai organisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.