Kompas.com - 15/05/2022, 09:22 WIB
|

KOMPAS.com - Seseorang dengan profesi apapun harus disyukuri. Bahkan yang berprofesi buruh juga dapat menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi negeri (PTN).

Seperti dialami Sukamdi yang berprofesi sebagai buruh serabutan dengan penghasilan tidak menentu dan istrinya seorang ibu rumah tangga tak menyangka.

Sebab, kedua putrinya bisa kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun atau gratis. Tentu, ini karena keduanya mendapat bantuan biaya pendidikan kuliah dari pemerintah.

Baca juga: Minyak Goreng Masih Mahal, Dosen UNY Beri Alternatif Ini

Melansir laman UNY, Sabtu (14/5/2022), anak pertama Sukamdi adalah Mutiara Pesona Bil Jannah yang menempuh pendidikan di prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial angkatan 2019.

Sedangkan anak keduanya Widya Happy Hakiki juga menempuh pendidikan di prodi yang sama angkatan 2021.

Wijirah sempat sakit memikirkannya

Sukamdi awalnya mengaku terkejut saat anak sulungnya yakni Tia, panggilan akrab Mutiara, ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Menurut Wijirah (istri Sukamdi) pada saat Tia mengatakan tentang keinginannya kuliah, warga Morangan Sindumartani Ngemplak Sleman itu gelisah terkait tidak adanya biaya kuliah.

"Saya sempat sakit memikirkan hal itu," ucap Wijirah seperti dikutip dari laman resmi UNY.

Namun pasangan tersebut sangat bersyukur ketika mengetahui adanya beasiswa Bidikmisi yang sangat membantu meringankan beban mereka dalam menguliahkan kedua anaknya.

Baca juga: Bisa Biayai Kuliah, Yuk Intip Bisnis Anti-Mainstream Mahasiswa UNY

Sukamdi pada awalnya pesimis Tia dan Happy dapat diterima kuliah mengingat kondisi ekonomi keluarga. Tetapi keberuntungan berpihak pada keluarga itu karena kedua putrinya diterima kuliah di UNY.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.