Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Posisi UB di Pemeringkatan Kampus Terbaik Versi THE 2022

Kompas.com - 11/05/2022, 12:35 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) berada pada ranking 401-600 dari 1406 perguruan tinggi seluruh dunia pada THE Impact Ranking 2022. Pada tahun sebelumnya UB berada pada ranking 301-400 dari 1117 perguruan tinggi.

Deputi Pemeringkatan di Lembaga Penjaminan Mutu Adharul Mutaqin menjelaskan pencapaian ranking pada edisi ini sedikit banyak dipengaruhi kondisi pandemi. Sehingga mengakibatkan pelaporan aktivitas yang mendukung SDGs menjadi kurang optimal.

“Ada banyak kuisioner yang harus diisi dalam Impact ranking ini dan harus didukung dengan bukti aktivitas yang dilakukan," ujarnya dilansir dari laman UB.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Namun, pandemi yang melanda menyebabkan aktivitas-aktivitas yang menjadi bukti partisipasi dalam mewujudkan SDGs belum terlaporkan dengan baik.

"Akibatnya skor total untuk 3 SDGs terpilih dan 1 SDG wajib tidak mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” kata Adharul.

Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa UB tetap berpartisipasi untuk terus melakukan upaya mewujudkan 17 SDGs.

Akan tetapi pada pemeringkatan Impact raking ini dipilih tiga skor SDGs tertinggi ditambah satu indikator SDG wajib yaitu SDG 17.

Pada edisi tahun 2022 UB memiliki skor tertinggi pada indikator No Poverty, Zero Hunger, dan Decent Work and Economic Growth.

Indikator Life on Land yang pada edisi sebelumnya masuk sebagai skor tertinggi, pada saat ini UB berada pada ranking 101-200 dunia.

“Semoga capaian ini tidak mengurangi semangat dan partisipasi UB untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan 17 SDGs”, pungkas Adharul.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Sementara, THE merupakan suatu pemeringkatan yang menunjukkan partisipasi perguruan tinggi dalam upaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Indikator-indikator dikalibrasi secara cermat untuk dapat menghasilkan perbandingan yang komprehensif dan seimbang di empat bidang yang luas yakni penelitian, penatalayanan, penjangkauan, dan pengajaran.

Sementara, berikut daftar kampus terbaik Indonesia versi THE Impact 2022

1. Universitas Indonesia (UI)

  • Peringkat internasional: 18

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com