Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Jerawat, Info Universitas Medan Area

Kompas.com - 05/05/2022, 20:18 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat memasuki usia remaja, ada beberapa yang mengalami penyakit jerawat. Salah satu penyakit kulit ini tidak menular dan sebenarnya tidak tergolong parah.

Bahkan ada obat jerawat yang bisa menyembuhkan penyakit kulit ini. Tetapi, semua harus dengan resep dari dokter setelah berkonsultasi.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini dijelaskan seputar jerawat serta cara menghilangkan jerawat.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Krim Anti Jerawat dari Kulit Durian

Sebenarnya, cara menghilangkan jerawat yang direkomendasikan dokter akan tergantung di 3 hal, yaitu:

  • usia
  • jenis jerawat
  • taraf keparahan jerawat

Setelah diberikan pengobatan asal dokter, Anda mungkin juga dapat melakukan cara lainnya buat menghilangkan jerawat, mulai berasal bahan alami sampai perawatan kulit berjerawat.

Bahan alami menyamarkan jerawat

Sejumlah bahan ini disebut menjadi obat alami jerawat yang relatif populer karena praktis digunakan serta lebih terjangkau, yakni:

1. Tea tree oil

Satu bahan alami yang tak jarang digunakan buat menghilangkan jerawat adalah tea tree oil atau minyak pohon teh.

Tea tree oil dikenal semenjak lama sebagai obat alami penghilang jerawat sebab sifat antibakteri pada dalamnya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini dibuktikan melalui penelitian asal The Australasian Journal of Dermatology.

2. Gel lidah buaya

Cara alami lainnya artinya menggunakan donasi gel lidah buaya untuk jerawat. Gel lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kecepatan penyembuhan luka.

Gel lidah buaya pula bisa dipergunakan ke kulit tanpa adonan apa pun atau berbarengan dengan obat jerawat lainnya. Meski begitu, usahakan konsultasikan ke dokter sebelum Anda memasukkan lidah buaya ke dalam pengobatan jerawat.

Baca juga: Info UMA: Ini Bahan Alami Obat Jerawat

3. Madu

Tahukah Anda bahwa ternyata madu buat jerawat mampu sangat bermanfaat buat Anda? Madu, terutama jenis madu manuka, mengandung antioksidan yang dapat meredakan proses peradangan jerawat.

Selain itu, madu dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori dan menjaga kelembapan kulit. Terlebih lagi, sifat antimikroba dalam madu cukup berguna dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com