Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Jakarta, Jabar, dan Banten Tambah Libur hingga 11 Mei

Kompas.com - 05/05/2022, 19:28 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menambah libur Idul Fitri sekolah di 3 provinsi.

Ketiga provinsi itu, yakni DKI Jakarta, Jaawa Barat (Jabar), dan Banten.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa Pendidikan Indonesia, Cek di Sini

"Kemendikbud Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jabar, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," ujar Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Dia menyebut tambahan libur diberikan mengingat potensi arus balik lebaran meningkat jelang berakhirnya cuti bersama pada 8 Mei 2022.

Keputusan itu diambil setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kemendikbud Ristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," jelas dia.

Namun, keputusan penambahan libur diserahkan ke Pemda masing-masing.

Anang mengaku penambahan libur ini akan segera disosialisasikan.

"Pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupeten kota di wilayah masing-masing. Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," terang dia.

Baca juga: Nama Prof. Mochtar Kusumaatmadja Terus Didukung Jadi Pahlawan Nasional

Asal tahu saja, pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik akan terjadi pada 6-8 Mei 2022 atau akhir pekan ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun mengimbau masyarakat yang mudik untuk kembali lebih awal atau sesudah puncak arus balik Lebaran.

Hal tersebut disampaikan atas arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengimbau masyarakat terkait arus balik.

"Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti," kata Budi.

Selain itu, Budi menambahkan, pihaknya juga telah memperkirakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik, yakni tol Semarang-Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

Budi juga menyampaikan imbauan lain kepada masyarakat agar perjalanan arus balik bisa lebih lancar.

Baca juga: Pakar Unair Bagi 5 Tips Jaga Pola Makan Pasca Ramadhan

"Jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan karena, selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com