Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 13:40 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program beasiswa sangat membantu siswa maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya.

Saat ini, banyak program beasiswa yang disediakan baik oleh pemerintah maupun instansi swasta.

Tak hanya itu, pihak universitas juga ada yang menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswanya.

Dalam hal ini, Universitas Jember (Unej) juga memiliki program beasiswa jenjang magister (S2) dan doktoral (S3).

Baca juga: TML Energy Buka Lowongan Kerja D3-S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Perempuan Afghanistan bebas memilih prodi

Uniknya, program beasiswa ini khusus bagi perempuan asal Afghanistan. Program ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri yang akan memberikan beasiswa bagi perempuan Afghanistan.

Menurut Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, peserta program beasiswa perempuan Afghanistan bisa memilih seluruh program studi jenjang magister yang ada. Bahkan jika memenuhi syarat terbuka peluang mengikuti pendidikan program doktoral.

"Untuk tahap pertama ini Universitas Jember memberikan kuota untuk 20 orang perempuan Afghanistan," urai Iwan Taruna seperti dikutip dari laman Unej.

Menurut Rektor Universitas Jember, keikutsertaan Kampus Tegalboto dalam program pendidikan bagi perempuan Afghanistan dilatar belakangi keinginan untuk membantu negara yang baru saja dilanda turbulensi politik hebat itu.

"Kami ingin turut berkontribusi bagi pembangunan Afghanistan. Khususnya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang diharapkan akan aktif memperbaiki kondisi negaranya," ungkap Iwan.

Baca juga: Yuk Intip Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia

Perempuan salah satu tulang punggung pembangunan bangsa 

Dia yakin perempuan adalah salah satu tulang punggung pembangunan bangsa. Oleh karena itu perempuan pun berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

"Kami tak ragu mengalokasikan kursi bagi perempuan Afghanistan, termasuk jika ternyata ada yang ingin mendaftarkan diri di jenjang sarjana," papar Iwan Taruna).

Dari data yang ada, terdapat 43 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang akan bergabung menyukseskan program beasiswa bagi perempuan Afghanistan.

Sebelumya pada bulan Januari 2022 lalu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan komitmen Indonesia untuk membantu pemulihan kondisi Afghanistan.

Baca juga: PT Ericsson Indonesia Buka Lowongan Kerja S1, Ayo Daftar

Salah satu syaratnya adalah meminta pihak Taliban selaku penguasa Afghanistan saat ini untuk menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk didalamnya penghormatan terhadap hak-hak perempuan Afghanistan.

Skema beasiswa bagi Afghanistan

Selain memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia dan negara lainnya mengusahakan berbagai program pemberdayaan bagi perempuan Afghanistan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com