Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 19:46 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru, Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2022 akan segera diadakan.

Setelah UTBK SBMPTN 2022, masih ada jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka perguruan tinggi.

Jika kamu punya impian kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) simak jadwal resmi jalur penerimaan mahasiswa baru selain UTBK SBMPTN 2022.

ITS sudah menetapkan penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana, sarjana terapan, maupun pascasarjana.

Baca juga: Universitas Jember Siapkan Beasiswa S2-S3 bagi Perempuan Afghanistan

Jalur seleksi prestasi jenjang S1

Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah menjelaskan, pendaftaran jalur seleksi prestasi untuk program sarjana akan dibuka pada 25 April hingga 31 Mei 2022 mendatang.

Seleksi prestasi didasarkan pada nilai rapor peserta dan kriteria lainnya. Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) juga boleh mendaftar ke ITS melalui jalur ini.

"Pendaftar yang mempunyai KIP-K tidak akan dikenai biaya pendaftaran," kata Siti seperti dikutip dari laman ITS, Kamis (5/5/2022).

Kelas Internasional

Untuk pendaftaran Program Sarjana Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP), gelombang kedua dibuka pada 25 April hingga 29 Mei 2022. Disusul kemudian gelombang ketiga pada 13 Juni hingga 11 Juli 2022.

Baca juga: 7 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Siswa Sudah Tahu?

Program ini mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan internasional sehingga para pendaftar diharuskan menyertakan tes kemampuan bahasa Inggris.

Nilai rapor atau scholastic aptitude test (SAT) dapat digunakan untuk mendaftar di gelombang kedua sedangkan nilai UTBK atau tes kemampuan akademik (TKA) ITS untuk gelombang ketiga.

Jalur Seleksi Kemitraan

Jalur Seleksi Kemitraan (SKM) ITS dibuka pada 1 hingga 26 Juni 2022. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK sederajat yang orang tuanya bekerja di perusahaan mitra ITS. Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan pendaftaran Jalur Mandiri.

Baca juga: PT Ericsson Indonesia Buka Lowongan Kerja S1, Ayo Daftar

Kedua jalur tersebut menggunakan nilai UTBK atau TKA ITS dan kriteria lainnya sebagai dasar seleksinya.

"Mereka juga nantinya akan dikenakan kewajiban membayar sumbangan pengembangan institusi (SPI)," imbuh Dosen Departemen Teknik Kimia ini.

Jalur Mandiri program D4

Jalur seleksi penerimaan untuk sarjana terapan (D4) pada tahun ini tidak dibuka bersamaan dengan SNMPTN dan SBMPTN untuk program sarjana.

ITS akan membuka pendaftaran jalur seleksi reguler dan mandiri untuk D4 pada 6 Juni hingga 15 Juli 2022 mendatang. Kedua jalur seleksi ini menggunakan nilai UTBK atau TKA ITS serta prestasi baik akademik maupun non-akademik yang dimiliki pendaftar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com