Kompas.com - 11/04/2022, 09:37 WIB

KOMPAS.com - Jika calon mahasiswa yang telah terdaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah namun gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jangan takut tak bisa mendapatkan bantuan.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek, Abdul Kahar, menyatakan, siswa yang sudah mendaftar dan layak memperoleh KIP Kuliah namun tidak lolos di SNMPTN, masih berpeluang memanfaatkan bantuan dari pemerintah tersebut.

"Para pendaftar KIP Kuliah tinggal mengganti pilihan jalur seleksi ke SBMPTN, Ujian Mandiri, SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), dan jalur lainnya, termasuk seleksi di perguruan tinggi swasta," kata Abdul Kahar dilansir dari laman Puslapdik Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Mau Daftar KIP Kuliah? Ini 6 Fakta Menarik yang Perlu Kamu Tahu

Ia mengatakan, persyaratan dan mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 masih sama dengan tahun kemarin. Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi.

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 sendiri mulai dibuka sejak 2 Februari sampai dengan 31 Oktober 2022. Atau, berakhir hingga seleksi mandiri ke kampus swasta telah berakhir.

Sementara, Tim Teknis KIP Kuliah Puslapdik, Soni Hartono Wijaya mengutarakan, bagi pendaftar KIP Kuliah yang gagal di SNMPTN dan ingin mencoba seleksi di SBMPTN atau jalur lain, tidak perlu membuat akun baru.

Akun KIP Kuliah itu, kata Soni, bisa dipakai untuk daftar di semua jalur seleksi.

“Tidak perlu akun baru untuk masing-masing seleksi. Cukup satu akun saja,” jelasnya.

Begitu juga bagi pendaftar KIP Kuliah yang pernah gagal ditahun sebelumnya dan ingin kembali daftar di tahun ini, masih bisa mempergunakan akun yang lama di tahun sebelumnya.

"Akun KIP Kuliah ini sifatnya multiyear, hanya memang perlu pembaruan dengan kembali mengisi NISN, NPSN, dan NIK karena tahunnya berbeda serta alamat email yang valid," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.