Kompas.com - 28/03/2022, 13:00 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Salah satu syarat agar siswa bisa mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 adalah mengisi biodata dan pusat UTBK.

Saat mengisi biodata dan pusat UTBK, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, salah satunya perbedaan cara mengisi data antara siswa umum dan berkebutuhan khusus. 

Siswa berkebutuhan khusus atau disabilitas, perlu memperhatikan beberapa hal saat mengisi borang biodata. Khususnya, bagi calon peserta tunanetra dan tunadaksa.

Baca juga: Biaya Kuliah 2022 Jalur SBMPTN dan Mandiri UI, UGM, ITB

Ada beberapa borang yang wajib diisi dan jika terlewatkan saat mengisi, para calon mahasiswa disablitas bisa tidak mendapatkan pendamping saat tes. Lalu, bagaimana cara mendaftar UTBK-SBMPTN 2022 bagi siswa disabilitas? Berikut caranya. 

Cara daftar UTBK-SBMPTN 2022 bagi siswa disabilitas

1. Dalam proses pengisian biodata, siswa akan mendapati borang Kebutuhan Khusus. Siswa yang tidak memiliki kebutuhan khusus bisa melewatinya. Namun, siswa tunanetra atau tunadaksa wajib memberi centang pada kotak opsi yang disediakan

2. Jika tidak memberi centang di kotak Kebutuhan Khusus, maka nantinya akan ditempatkan di ruang ujian tanpa fasilitas penunjang

3. Setelah yakin dengan seluruh data yang diisi, klik Simpan dan Lanjutkan

4. Peserta akan memperoleh kotak notifikasi untuk memastikan bahwa yang bersangkutan adalah tunanetra

5. Jangan lupa memilih prodi, siswa bisa langsung klik tombol Lanjutkan yang ada di bawah halaman

Baca juga: Jurusan S1 Sepi Peminat di SBMPTN UI, UGM, ITB 2021

6. Peserta akan memperoleh tampilan berkotak merah yang bertuliskan, "Pilihlah pusat UTBK terdekat dengan tempat tinggal Anda pada saat ini." Lalu, tekan tombol Ya, saya mengerti pada bagian bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.