Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Guru SDN Tegal Ajak Siswa Belajar "Sikapi Masa Puber" lewat Canva

Kompas.com - Diperbarui 10/01/2023, 15:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Oleh: Juni Tri Setiyono | Guru SDN Danawarih 03, Tegal, Jawa Tengah dan Fasilitator Pembelajaran Program Pintar Tanoto Foundation.

KOMPAS.com - Juni Tri Setiyono, guru kelas 6 SDN Danawarih 03, Tegal, Jawa Tengah, menggunakan aplikasi Canva Edu untuk mengajarkan kepada siswa menggambar poster yang mengangkat tema “Cara Menyikapi Masa Pubertas”.

Selain beradaptasi terhadap pembelajaran digital yang kian masif di masa pandemi, metode ini ditempuh Juni guna menghadirkan pembelajaran menyenangkan kepada generasi yang memang dekat dengan dunia digital.

“Sejak PJJ dan kali ini PTM terbatas, penggunaaan media berbasis IT dalam pembelajaran sangat masif. Tak terkecuali Canva Edu ini. Saya mengajak siswa membuat poster tentang cara menyikapi masa pubertas,” ungkap Juni yang juga Fasilitator Pembelajaran Program Pintar Tanoto Foundation.

Baca juga: Kisah Guru Nofri, Rela Tempuh 40 Jam Perjalanan demi Berbagi Ilmu

Modul pertama Progran Pintar Penggerak Tanoto Foundation pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat materi tentang literasi visual.

Literasi visual merupakan kemampuan menginterpretasi gambar atau tampilan visual, contohnya siswa mampu memahami simbol atau rambu lalu lintas, simbol di toilet umum, poster, infografis, dan lain-lain.

Beberapa langkah yang dilakukan Juni dalam memperkenalkan Canva dalam pembelajaran di kelas terdiri atas:

Langkah pertama: guru membagi siswa menjadi lima kelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima anak. Setiap kelompok paling tidak menyediakan dua smartphone. Dari smartphone tersebut kemudian diinstal aplikasi Canva.

Langkah kedua: siswa diberi link Canva oleh guru, agar akun canva mereka otomatis menjadi Canva Edu. Selanjutnya siswa mengikuti petunjuk guru cara menggunakan aplikasi Canva.

Baca juga: Kurikulum Merdeka, Mendikbud Ristek: Alat Atasi Krisis Pembelajaran

Langkah ketiga: siswa merancang desain poster dengan melihat contoh template poster yang sudah ada di aplikasi tersebut. Kemudian siswa mencari element gambar yang sesuai dengan tema poster yaitu “Cara Menyikapi Masa Pubertas”.

Langkah keempat: siswa bersama kelompoknya mengkombinasikan element gambar dan tulisan sehingga menjadi poster yang bermakna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com