Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KitaLulus Siap Kembangkan Jaringan Profesional dan Platform Pekerjaan di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 25/02/2022, 11:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perusahaan start-up yang berbasis di Jakarta dengan misi pemerataan akses kesempatan kerja melalui jaringan profesional, upskilling dan teknologi, KitaLulus dapat pendanaan awal dari Go-Ventures.

Adapun pendanaan awal ini juga diikuti oleh beberapa angel investor seperti Phil Opamuratawongse (CEO dan Co-Founder Shipper), JJ Chai (CEO dan Co-Founder Rainforest), Aldi Haryopratomo (sebelumnya CEO GoPay), YC Ng (Partner AC Ventures) dan Abhinay Peddisetty (CEO dan Co-Founder BukuWarung).

Dengan pendanaan ini, KitaLulus akan menggunakannya untuk menambah anggota tim product and tech, serta memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Baca juga: KitaLulus: Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Surat Perjanjian Kerja

Menurut Stevien Jimmy, selaku Co-Founder KitaLulus, dalam 5-10 tahun ke depan, penduduk usia produktif di Indonesia diprediksikan akan meningkat hingga 20 persen.

"Mereka yang masuk usia kerja ini menghadapi sejumlah tantangan, khususnya jaringan dan peluang yang belum merata. Dilain sisi, banyak perusahaan yang kesulitan untuk menemukan dan merekrut kandidat dengan tepat dan cepat," ujar Stevien dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Dikatakan, berbagai solusi tradisional telah ditawarkan mulai dari social media listing, job board, atau agen rekrutmen namun hasilnya lama, tidak efektif, dan memakan banyak biaya.

Untuk itulah KitaLulus hadir. Dengan visi membantu Indonesia kembali bekerja setelah Covid-19, KitaLulus hadir untuk menghubungkan masyarakat dengan jaringan dan kesempatan kerja yang tepat dalam tiga tahap, yaitu:

1. Upskilling

Pengguna dapat mengambil kursus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian pemerintahan dan profesional. Dengan kursus online, maka pengguna akan lebih mudah untuk mengikuti pelatihan, berlatih, dan meninjau jawaban mereka.

Tak hanya itu, disediakan juga video tutorial untuk mendukung pendalaman topik. Kursus yang tersedia antara lain CPNS, PPPK Guru, dan persiapan ujian untuk Sekolah Kedinasan.

2. Networking

Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan komunitas yang relevan dan sesuai dengan latar belakang pendidikan, profesi, dan tingkat pengalaman kerja mereka. Ini memungkinkan mereka untuk bertemu orang baru, mengajukan pertanyaan, dan berpartisipasi dalam diskusi.

3. Finding Jobs

Melalui aplikasi KitaLulus, pengguna dapat membuat profil, melihat pekerjaan yang tersedia, mengikuti tes penyaringan singkat, dan melakukan kontak langsung dengan pemberi kerja melalui WhatsApp.

Baca juga: Bingung Bikin Cover Letter? KitaLulus: Ini Lho Cara Membuatnya

Beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah mengandalkan KitaLulus untuk menemukan kandidat yang tepat di antaranya Apotek K-24, Hangry, J&T Express dan Seryu Cargo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com