Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengetahui Peluang Lolos SNMPTN 2022

Kompas.com - 24/02/2022, 10:04 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penilaian SNMPTN itu penting kalau calon pelajar ingin mengikuti jalur seleksi masuk PTN yang satu ini.

Apalagi, ada proses panjang yang harus di siapkan di SNMPTN. Artinya, semakin awal kita tahu cara seleksi SNMPTN, harapannya semakin baik pula strategi kita agar lolos dalam jalur seleksi ini.

Lantas, apa saja yang kita perlu tahu tentang sistem penilaian SNMPTN?

Yuk, simak semua poin-poin penting yang dilansir dari laman Akupintar di bawah ini, agar kamu tak lagi bertanya-tanya apa saja syarat lulus SNMPTN.

1. Nilai rapor itu penting, tapi bukan segalanya

Kamu pasti tentu tahu kalau kriteria penilaian SNMPTN yang utama adalah nilai rapor. Bukan tanpa alasan bila juara kelas direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN.

Baca juga: Daya Tampung UI, UGM, Unair, IPB dan ITS di SNMPTN 2022

Nilai rapor memang menjadi kriteria SNMPTN yang penting, tapi bukan satu-satunya apalagi penentu lolos tidaknya seleksi.

2. Kualifikasi individu menjadi kriteria SNMPTN yang utama

Pada dasarnya semakin baik dan konsisten (stabil) nilai rapor kamu, semakin besar pula peluang kamu untuk lolos SNMPTN. Namun, nilai rapor bukan satu-satunya kriteria penilaian SNMPTN.

Lagi pula bukankah kualitas tak hanya terwakilkan oleh nilai rapor? Maka prestasi-prestasi di luar kelas, seperti lomba-lomba yang kita ikuti di tingkat daerah, nasional, hingga internasional, juga punya peran penting dalam sistem penilaian SNMPTN.

3. Indeks sekolah tak kalah penting dengan nilai rapor

Disamping nilai rapor, indeks sekolah juga turut menjadi bagian dari kriteria penilaian SNMPTN. Jika nilai rapor mencerminkan prestasi akademik kita sebagai pelajar, indeks sekolah dapat diilustrasikan sebagai "rapornya sekolah."

Indeks sekolah mencakup berbagai kriteria, seperti jenis kelas (IPA, IPS, atau Bahasa), akreditasi sekolah (A,B, atau C), dan prestasi sekolah di lomba-lomba tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Jadi bukan hanya rapor kita yang penting, namun siapa yang mengeluarkan rapor itu juga penting dalam kriteria penilaian SNMPTN.

4. Kriteria, cara penilaian, dan seleksi pada setiap PTN berbeda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com