Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tirta Akdi Toma Mesoya Hulu
Pengajar IT dan Penulis Novel

Pengajar IT dan Penulis Novel. Pengajar senior di CEP-CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Alumni Fasilkom Universitas Indonesia. Mantan Coordinator Volunteer Asian Para Games 2018 dan Penyiar Radio.

Telah menekuni hobi menulis sejak 2011 dan telah menulis sejumlah novel di beberapa platform digital, memiliki kegemaran memperhatikan tren di sosial media terutama yang berkaitan dengan sudut pandang generasi milenial dan Gen-Z.

Lulusan IPS Ingin Kuliah Jurusan TI

Kompas.com - 12/02/2022, 07:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TEKNOLOGI Informasi yang berkembang dengan begitu pesat telah memberikan begitu banyak solusi terhadap permasalahan yang ada di perusahaan.

Tidak heran jika jurusan TI menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan memiliki peluang karir menjanjikan di masa depan.

Terdapat banyak ragam pilihan jurusan terkait Teknologi Informasi yang bisa kamu pilih seperti Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan lain sebagainya.

Namun, ragam pilihan jurusan tersebut masih belum diketahui secara merata oleh kebanyakan lulusan SMA.

Tidak sedikit yang masih meyakini bahwa jurusan-jurusan terkait dengan Teknologi Informasi hanya diperuntukkan bagi lulusan IPA karena berhubungan dengan hitung-hitungan alias matematika.

Tentu saja tidak, sangat mungkin bagi kamu yang berasal dari jurusan IPS untuk berkuliah di jurusan TI.

Stigma jurusan TI harus kuat Matematika

Tidak seratus persen benar, karena pada dasarnya bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan TI, hal yang akan sering kamu gunakan adalah logika, terutama bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang programmer.

Sebagai sebuah contoh, ketika kamu diberikan dua buah gelas berisikan air teh dan air kopi, selanjutnya kamu diminta untuk menukar isi dari kedua gelas tersebut.

Apakah kamu memerlukan rumus matematika? Jawabannya tidak!

Kamu hanya perlu mencari solusi menggunakan logika, untuk menukar isi dari kedua gelas tersebut.

Dalam kasus gelas berisi teh dan kopi tersebut, kamu bisa menggunakan sebuah gelas kosong sebagai wadah pembantu untuk menyalin gelas berisi teh ke gelas kosong, lalu memindahkan isi gelas kopi ke gelas teh yang telah kosong.

Terakhir kamu akan mengisi gelas kopi yang kosong tadi dengan air teh yang di awal telah kamu letakkan di gelas “pembantu”. Ya, sesederhana itu!

Ketika kamu ingin menjadi seorang programmer dan membuat aplikasi, secara garis besar yang kamu lakukan adalah memecahkan masalah dengan logika dalam bentuk baris-baris koding—inilah yang akan kamu pelajari di jurusan TI nantinya.

Jurusan TI bisa bikin gila!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com