Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup Murah bagi Mahasiswa

Kompas.com - 04/02/2022, 10:29 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya biaya kuliah, komponen biaya hidup juga sama pentingnya untuk dipertimbangkan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di luar kota, luar negeri ataupun lokasi yang jauh dari rumah.

Jika biaya kuliah terkait dengan kebijakan universitas, umumnya biaya hidup lebih dipengaruhi oleh harga-harga di suatu kota atau wilayah.

Meski pandemi masih belum usai, namun kuliah tatap muka telah dilakukan bertahap. Untuk itu, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan kisaran biaya hidup di kota di mana kampus pilihan berada.

Sebagai gambaran, ada 5 kota di Pulau Jawa dengan kisaran biaya hidup rendah bagi mahasiswa.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2022: Kuliah Gratis, Uang Saku Rp 1,4 Juta Per Bulan

Meski besarnya biaya hidup berbeda-beda sesuai dengan gaya hidup, namun berikut 5 kota dengan biaya hidup yang dinilai relatif terjangkau bagi mahasiswa serta pilihan kampusnya, merangkum laman platform edukasi Aku Pintar:

Ilustrasi Yogyakarta.
SHUTTERSTOCK/Jaya Tri Hartono Ilustrasi Yogyakarta.

1. Yogyakarta

Siapa yang tak kenal dengan kota pelajar di Indonesia ini? Biaya hidup yang sangat terjangkau membuat Yogyakarta menjadi kota idaman mahasiswa.

Kamar kos di kota ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 2 juta per bulan, tergantung fasilitasnya. Sedangkan harga sewa kontrakan berkisar Rp 7, 5 juta per tahun.

Sepiring nasi seharga Rp 10.000 pun sudah cukup mengenyangkan perut. Untuk menu sederhana, biaya makan sehari cukup berkisar Rp 30.000. Dengan budget yang terbatas, mahasiswa Yogyakarta dapat bertahan hidup dengan Rp 1,5 juta sebulan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Ingin jadi mahasiswa dari universitas negeri termurah di Indonesia? Di Yogyakarta ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta.
Tak ketinggalan, masih ada kampus swasta seperti Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, ataupun Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Air mancur menari di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.Dinas Pariwisata Solo Air mancur menari di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang kini dilengkapi dengan Taman Lampion, menghiasi malam-malam di obyek wisata Solo tersebut.

2. Solo

Tak jauh dari Yogyakarta, Solo juga menawarkan biaya hidup saat kuliah yang terjangkau. Biaya kos, makan, sampai transportasi di Solo tak terlalu jauh dari biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa di Yogyakarta.

Jika Sobat mencari universitas termurah di Jawa, barangkali Universitas Sebelas Maret adalah salah satu jawabannya. Masih ada pula ISI Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta di kota ini.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Suasana di Alun-alum Tugu Kota Malang, Kamis (1/9/2016).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Suasana di Alun-alum Tugu Kota Malang, Kamis (1/9/2016).

3. Malang

Jawa Timur juga punya kota pelajar, yaitu Malang. Harga kos mahasiswa di Malang berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp1,5 juta per bulan.

Semakin dekat dengan kampus dan fasilitasnya semakin baik, biasanya semakin tinggi pula harga kosnya. Sedangkan harga kontrakan mahasiswa di kisaran Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per tahun.

Biaya hidup saat kuliah di Malang, khususnya biaya makan, memang sangat ramah di kantong pelajar. Pengeluaran makan sehari-hari masih di kisaran Rp 30.000. Warung-warung makan di sekitar kampus dan area rumah kos menyediakan menu-menu yang terjangkau harganya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com