Kompas.com - 29/01/2022, 07:59 WIB
|

KOMPAS.com - Kecelakaan kendaraan bermotor terjadi juga dipengaruhi oleh tingginya pertumbuhan pasar otomotif. Sehingga jalanan menjadi padat oleh kendaraan.

Maka dari itu, tuntutan keselamatan jalan baik untuk pengemudi maupun pejalan kaki telah menjadi fokus penelitian beberapa tahun terakhir.

Dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan akibat dari malfungsi dalam sistem berkendara yang disebabkan oleh komponen kendaraan, infastrukur jalan, serta pengguna jalan dan interaksinya.

Baca juga: FT UGM Wisuda 105 Magister dan Doktor, Dua Lulusan Raih IPK 4

Penelitian yang dilakukan Borsos et al, 2015, Vlkovský et al, 2017 dan Evans di tahun 1996 mengungkap kecelakaan lalu lintas berdampak pada kerugian manusia, harta benda dan umum.

Banyak kerugian akibat kecelakaan

Terkait hal itu, Pustral Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan seminar bulanan (webinar) untuk memahami lebih mendalam permasalahan kerugian manusia dan perkiraan biaya akibat kecelakaan lalu lintas.

Menurut Sekretaris Pustral UGM, Dr. Dewanti, MS., banyak kerugian manusia akibat kecelakaan lalu lintas.

Selain kerugian produktivitas, akibat kecelakaan lalu lintas harus pula keluar biaya untuk pengobatan, biaya selama emergency, biaya perawatan, serta berbagai kerugian terkait kualitas hidup.

"Kita berharap webinar ini dapat memberikan masukan bagi stakeholder terkait upaya mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (28/1/2022).

"Selain itu, bagi masyarakat diharapkan semakin menambah kesadaran keselamatan dalam berlalu lintas," imbuhnya.

Sementara Dosen Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Prodi PPDS Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal FKKMK UGM, dr. Yudha Nurhantari., Sp.F., Ph.D., menyatakan terkait kerugian.

Baca juga: Workshop UGM Bahas Persiapan Masuk Dunia Kerja

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.