Kompas.com - 29/12/2021, 11:06 WIB
|

KOMPAS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menjadikan Institut Teknologi Sumatera (Itera) sebagai pilot project atau kampus percontohan program pembangunan infrastruktur hijau.

KLHK telah membangun satu unit instalasi pengolahan air limbah (IPAL) berkapasitas 100 m3/hari di Itera pada 2020 dan telah beroperasi. KLHK akan kembali membangun satu unit IPAL di tahun selanjutnya, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian pencemaran air.

Adapun Sosialisasi Program Pembangunan Infrastruktur Hijau berupa IPAL domestic Itera dilaksanakan di Itera, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Mahasiswa Itera Teliti Limbah Kulit Pisang Bisa Serap Gas Emisi Berbahaya

Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Itera, Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., menyatakan bahwa hal ini sebuah kehormatan bagi Itera dapat menjadi pilot project terkait program infrastruktur hijau tersebut.

Ia berharap dengan bantuan IPAL tersebut Itera dapat menjadi kampus hijau dan mendukung program tri dharma perguruan tingginya menjadi lebih baik.

Selain itu, keberadaan IPAL dari KLHK, turut mengantarkan Itera menempati posisi ke-13 nasional dalam pemeringkatan kampus paling berkelanjutan versi UI Green Metric tahun 2021.

Sementara Direktur Pengendalian Pencemaran Air KLHK, Luckmi Purwandari, S.T., M.Si., menyebut tidak semua kampus mendapatkan bantuan IPAL tersebut.

Luckmi berharap Itera sebagai pilot project akan menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitarnya dalam mengelola air limbah.

"Semoga apa yang akan dibangun di Itera ke depannya menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitarnya dalam mengelola air limbah," ujar Luckmi dikutip dari laman Itera.

Baca juga: Satu-satunya di Asia Tenggara, Itera Miliki Teleskop Robotik Pemantau Bulan

Dalam sesi pemaparan materi, Luckmi Purwandari menyebut terdapat dua pokok masalah lingkungan hidup yaitu kerusakan lingkungan dan pencemaran air.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.