Kompas.com - 19/12/2021, 09:40 WIB
Universitas Terbuka (UT) melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN), kembali menyelenggarakan wisuda bagi lulusan UT di Taiwan dan Korea Selatan, pada Sabtu 18 Desember 2021 dan Minggu 19 Desember 2021. DOK. UTUniversitas Terbuka (UT) melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN), kembali menyelenggarakan wisuda bagi lulusan UT di Taiwan dan Korea Selatan, pada Sabtu 18 Desember 2021 dan Minggu 19 Desember 2021.

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN), kembali menyelenggarakan wisuda bagi lulusan UT di Taiwan dan Korea Selatan, pada Sabtu 18 Desember 2021 dan Minggu 19 Desember 2021.

Lulusan UT kali ini berjumlah 77 orang dan semuanya adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sejak awal bekerja sambil mengikuti kuliah di UT.

Momen wisuda kali ini sangat spesial dan istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Migran Internasional, yang diperingati setiap tanggal 18 Desember yang tahun ini mengangkat tema "Migran Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya". 

Dari 77 lulusan tersebut, 43 lulusan mengikuti wisuda secara hybrid di Aula Kantor KDEI di Taiwan (18/12/)2021.

Sementara 34 lulusan di Korea Selatan mengikuti wisuda secara daring karena kasus Covid-19 yang sedang tinggi di Korea Selatan dan sebagian sudah kembali ke Tanah Air dan akan mengikuti wisuda dari Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Kepala PPMLN Pardamean Daulay menyampaikan pelaksanaan wisuda ini sekalgus menjadi kado istimewa peringatan Hari Migran Internasional.

"Semoga pelaksanaan wisuda ini menjadi istimewa bagi pekerja migran di seluruh dunia, secara khusus bagi wisudawan yang hari ini akan menyandang gelar sarjana," ujar Pardamean.

"Gelar sarjana ini menjadi oleh-oleh yang akan Saudara bawa pulang ke Indonesia. Saudara telah diberi gelar Pahlawan Devisa dan kini menyandang gelar sarjana. Semoga ini menjadi batu loncatan Saudara untuk lebih berhasil di masa depan," harap Pardemean.

Lulusan terbaik UT Taiwan dan Korsel

Wakil Rektor IV, Rahmat Budiman berharap gelaran wisuda ini dapat menjadi inspirasi bagi pekerja migran Indonesia lainnya.

Baca juga: Wisuda XXI UMN, Rektor UMN: Lulusan Diminta Miliki Semangat Pembelajar

"Selamat atas kelulusan yang Saudara raih. Hari ini Saudara berhak menyandang gelar sarjana. Untuk meraih gelar tidak mudah, butuh perjuangan dan kerja keras, butuh kemandirian dan motivasi tiada henti," ungkap Rahmat Budiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.