Kompas.com - 11/12/2021, 11:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir. Karena itu, setiap orang harus bisa menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan jika ke luar rumah.

Selain dengan berolahraga juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah dan susu sebagai pelengkap.

Tak hanya itu saja, kini makanan atau minuman suplemen juga dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dalam aktivitas keseharian.

Baca juga: Mahasiswa UNY Manfaatkan Limbah Tempe untuk Suburkan Tanaman

Ada banyak suplemen makanan atau minuman yang dibuat dari bahan non herbal yang dikhawatirkan menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh manusia.

Infused water dari rempah, buah dan sayur

Terkait hal itu, mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Irfan Hermawan, Mustika Natalia, Ayomi Kusumaningrum, Mirda Yanti dan Anisa Nurul Chusna membuat inovasi.

Yakni membuat minuman untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh yang diberi nama Inter Rasa, akronim dari Infused Water, Rempah, Buah dan Sayuran.

Irfan Hermawan mengatakan, minuman buatan mereka terbuat dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Tentu dengan proses pembuatan yang bersih, higienis dan terjamin kesehatan produknya serta halal untuk dikonsumsi.

"Rempah-rempah memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Jumat (10/12/2021).

Irfan menyebutkan tanaman yang dapat dikonsumsi untuk imunitas tubuh antara lain adalah temulawak, kunyit, dan jahe.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.