Kompas.com - 07/12/2021, 21:02 WIB
Ilustrasi aplikasi gawai Pixabay/Moritz320Ilustrasi aplikasi gawai
|

KOMPAS.com - Media sosial saat ini sudah menjadi keseharian masyarakat di mana saja. Terlebih ketika bepergian, pasti selalu mengabadikan momen dengan berfoto atau swafoto.

Dari banyaknya kegiatan swafoto tersebut menimbulkan rasa penasaran bagi sebagian orang untuk mengetahui usia para pengunggah.

Hal itu ditangkap sebagai peluang oleh mahasiswa Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang membuat aplikasi pendeteksi usia melalui foto wajah.

Baca juga: Cop Busi Daur Ulang Plastik Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Bertenaga Tapi Irit

Mahasiswa itu yaitu Anthony Fioren H, Mohammad Damarjati P dan Syukron Abdul A.

Menurut Anthony Fioren, mereka menggunakan data latih berupa data gambar wajah manusia dengan informasi usia dari wajah tersebut untuk melatih komputer agar dapat mengenali usia dan jenis kelamin dari wajah manusia.

"Penentuan jenis kelamin serta usia dari citra dilakukan dengan menggunakan algoritma dan metode-metode pengolahan citra digital," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Selasa (7/12/2021).

Adapun cara kerjanya adalah mengekstrak bagian wajah manusia dalam gambar tersebut lalu diolah sedemikian sehingga output yang dikeluarkan adalah usia serta jenis kelaminnya.

Mohammad Damarjati menambahkan langkah awal dalam pemrosesan data menggunakan ekstraksi wajah, split data dan augmentasi gambar.

Baca juga: Lulus UNY, Guru SD Ini Raih IPK 4

"Permodelannya menggunakan snapshot ensemble karena dapat menyimpan beberapa model sekaligus dalam satu kali proses training," imbuhnya.

Syukron Abdul menjelaskan untuk mengekstraksi wajah digunakan Algoritma Multi-Task Cascaded Convolutional Neural Network (MTCNN) karena mampu mengenali wajah dari berbagai angle.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.