Kompas.com - 09/12/2021, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Saat membeli skin care, beragam produk dihadirkan sesuai dengan kondisi kulit. Ada produk yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat, ada juga untuk kulit kering. Secara sederhana terdapat beberapa jenis kulit, yaitu kulit kering, berminyak, kombinasi dan sensitif.

Itulah mengapa, saat membeli produk skin care sangat disarankan untuk lebih dulu memahami jenis kulit yang dimiliki. Jika tidak cocok, maka produk skin care bisa saja menimbulkan iritasi.

Ahli dermatologi Departemen Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Flandiana Yogianti menjelaskan beragam jenis kulit dan perawatannya.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

"Awam menyebut beberapa jenis kulit di antaranya yaitu kulit kering (seperti kusam, tertarik, sedikit mengelupas), kulit berminyak (banyak berminyak pada area-area tertentu), kulit kombinasi (ada kalanya berminyak dan ada kalanya kulitnya kering), dan kulit sensitif. Kulit sensitif ada beberapa jenis, seperti lebih mudah untuk berjerawat, memerah, gatal, mudah alergi dan mengelupas karena pemakaian produk tertentu,” papar Flandiana.

Sedangkan berdasarkan warnanya, Flandiana menjelaskan bahwa terdapat 1-6 tipe kulit. Nomor 1 menunjukkan tipe kulit yang paling cerah dan 6 menunjukkan tipe kulit yang paling gelap.

“Tipe kulit 1 kalau terpapar sinar matahari itu mudah sekali terbakar dan tidak menggelap. Tipe 2 juga bisa terbakar kalau terkena sinar matahari tapi kemudian bisa menggelap. Tipe 3 bisa terbakar tetapi tidak melepuh atau memerah, tipe ini banyak dari Asia Timur," ujarnya.

Lalu Tipe 4 biasanya tidak terbakar kalau terkena sinar matahari. Tipe 5 biasanya jarang sekali terbakar dan mudah sekali menjadi hitam.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 dengan Uang Saku Terbesar, Salah Satunya dari Indonesia

"Tipe 6 merupakan tipe kulit yang paling gelap. Untuk pemeriksaan lebih detail mengenai jenis dan tipe kulit secara objektif menggunakan alat ukur melalui dokter spesialis dermatologi dan venereology,” ujarnya. 

Terdapat beberapa faktor menurut Flandiana yang menyebabkan seseorang mempunyai jenis kulit yang berbeda.

Kulit kering menurutnya disebabkan oleh multifaktor, salah satunya yang paling berpengaruh karena masalah barrier kulit (lapisan kulit paling atas).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.