Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HPU Jadi Ruh Pencegahan Gelombang 3 Covid-19 di Perguruan Tinggi

Kompas.com - 08/12/2021, 06:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Health Promoting University (HPU) merupakan program pendekatan untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat, khususnya mecegah gelombang 3 Covid-19 di lingkungan perguruan tinggi.

Terdapat 7 tema utama HPU yaitu aktivitas fisik, pola makan sehat, kesehatan mental, literasi kesehatan, zero tolerance narkoba, tembakau, dan alkohol, zero tolerance kekerasan, perundungan, dan pelecehan, dan pembentukan lingkungan yang sehat, aman, dan disable friendly.

Baca juga: Pakar UGM: Banjir Bandang Bisa Terjadi Pasca Erupsi Gunung Semeru

Saat ini, HPU turut serta dalam pencegahan Covid-19 yang ada di dalam lingkungan kampus dengan membentuk perilaku yang sehat.

"Kami berusaha untuk menciptakan lingkungan dan budaya yang sehat untuk menciptakan lulusan yang memiliki kesehatan dalam kapasitas intelektual serta didukung oleh medical record yang baik," ucap Wakil Ketua Satgas dan HPU UGM Arif Nurcahyo, melansir laman UGM, Selasa (7/12/2021).

Dosen FKKMK UGM dan Sekretaris HPU UGM, Supriyati menjelaskan, saat ini UGM terus mengupayakan pengoptimalan capaian tujuan pembelajaran.

Untuk pembelajaran bauran di UGM, HPU senantiasa melakukan berbagai upaya pencegahan adanya klaster Covid-19 di lingkungan kampus.

"Kapasitas kelas diatur, ventilasi kelas, vaksinasi, bahkan adanya screening harian, dan adanya pos pembinaan terpadu, dan menciptakan perilaku hidup sivitas akademik yang sehat sehingga memiliki daya tahan tubuh yang baik," jelas Supriyati.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Sekolah dan Kampus Tak Libur Selama Periode Nataru

RSA UGM dalam pelayanan kesehatan didukung penuh oleh Kampus UGM, donatur, hingga Kementerian untuk dapat memberikan layanan Covid-19 ke sivitas kampus dan masyarakat.

RSA UGM dalam bidang pendidikan dan penelitian sejak Juni 2020 sudah melakukan pembelajaran praktik tatap muka bagi mahasiswa profesi.

Dermatolog RSA UGM, Nurwestu mengaku, kapasitas ruangan, alat, dan kondisi ruangan sangat diperhatikan untuk menghindari rute penularan.

"Jika terdapat paparan RSA UGM melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dan Gadjah Mada Medical Center (GMC) untuk perlindungan mahasiswa dan tenaga pendidikan, ucap dia.

Saat ini RSA UGM akan melakukan uji klinik penelitian vaksinasi.

Disamping itu, RSA UGM terus melakukan penelitian kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca juga: UB: Mahasiswi NWR Pernah Laporkan Pelecehan Seksual di Januari 2020

"Harapannya, jika terjadi Gelombang 3 Covid-19 semua elemen sudah siap dan upaya pencegahan dapat terus dilakukan dalam tingkat nasional hingga regional," tukas Nurwestu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com