Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Jerome Polin Sekolah Bareng Anak-anak "Crazy Rich"

Kompas.com - 06/12/2021, 20:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - YouTuber Jerome Polin menceritakan dirinya pernah sekolah bareng dengan anak-anak crazy rich atau orang kaya.

"Saya belajar di sekolah dasar (SD) nasional plus yang dipenuhi anak-anak crazy rich," ujar Jerome melansir laman YouTube Deddy Corbuzier, Senin (6/12/2021).

Baca juga: UB: Mahasiswi NWR Pernah Laporkan Pelecehan Seksual di Januari 2020

Dia mengaku masuk di SD nasional plus berkat jalur beasiswa.

Bayangkan saja, Jerome hanya membayar 10 persen ketika sekolah di sana, dari total biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh orangtuanya.

Beasiswa yang didapatnya, sebut dia, juga termasuk uang buku maupun seragam sekolah.

"Pas SD, sekolah aku itu internasional, tidak internasional sih, tapi nasional plus gitu. Aku bisa masuk sana, karena beasiswa di sekolah high class gitu, cuma bayar 10 persen," ucapnya.

Dari situ, kata Jerome, mentalnya tumbuh saat sekolah bersama anak-anak crazy rich.

"Jadi dari sana, mental aku terbentuk, mulai dari barang yang aku pakai, sepatu, dan lainnya beda banget kalau dibanding anak-anak yang sekolah itu," kata Jerome.

Jika anak yang lain diantar dengan mobil terbaru, Jerome hanya diantar menggunakan sepeda motor atau mobil Isuzu Panther keluaran lama.

Meski pahit, tak membuat Jerome menyerah. Justru, membuatnya lebih giat belajar, agar bisa mengalahkan anak-anak crazy rich yang serba memiliki fasilitas mewah.

"Orangtuaku bilang, kamu tidak boleh your confident, jangan dilihat apa yang kamu pakai, tapi apa yang kamu bisa lakukan, jadi hargai kepercayaan dirimu," tutur dia.

Dengan rasa semangat dan tak pantang menyerah, membuat Jerome bisa bersaing di dunia pendidikan sampai sekarang.

Baca juga: Jerome Polin Akui Suatu Saat Ingin Gantikan Posisi Nadiem Makarim

Saat ini saja, Jerome sedang kuliah S1 di Universitas Waseda, Jepang, yakni mengambil program studi (Prodi) Matematika Terapan.

"Saya juga tak bisa les (tambahan pelajaran), karena tidak ada uang. Sedangkan teman-teman aku les. Jadi harus bisa buktikan, bisa belajar dan rajin. Kalau kamu kalah juga di bidang edukasi dan pendidikan, kamu diremehkan, kamu tidak bisa bersaing, sudah ekonomi kalah, jadi kamu harus lawan," ungkap Jerome.

Jerome Polin ingin jadi Mendikbud Ristek

Jerome mengaku suatu saat nanti ingin menggantikan posisi Nadiem Makarim dari jabatan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com