Kompas.com - 05/12/2021, 21:22 WIB
Ilustrasi berjemur. SHUTTERSTOCKIlustrasi berjemur.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sudah banyak yang tahu bahwa berjemur di bawah sinar matahari adalah sumber vitamin D yang bisa diperoleh dengan cuma-cuma.

Sinar matahari mengandung UV B yang dapat membantu proses sintesa vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sangat bermanfaat dapat membantu tubuh membentuk imunitas terhadap virus dan penyakit.

Dokter Umum Poliklinik Institut Pertanian Bogor (IPB) Mimi Oktafia mengatakan, berjemur bisa dilakukan untuk mendapatkan vitamin D.

Baca juga: Jelang SNMPTN 2022, Ini 10 Jurusan Sepi Peminat di Undip

Manfaat berjemur

Dengan berjemur, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi vitamin D khususnya vitamin D3.

"Selain itu berjemur juga bisa meningkatkan respon dari sel darah putih untuk melawan mikroorganisme. Salah satunya virus Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global," kata Mimi seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Minggu (5/12/2021).

Sebenarnya kegiatan berjemur sudah biasa dilakukan jauh sebelum ada pandemi Covid-19. Bahkan bayi yang baru lahir juga perlu dijemur karena mendatangkan banyak manfaat bagus untuk tubuh.

Banyak opini tentang waktu yang tepat untuk berjemur

Kegiatan berjemur makin populer dilakukan orang setelah pandemi Covid-19 terjadi. Namun banyak opini yang menyebutkan tentang waktu yang tepat untuk berjemur. Berbagai opini yang diterima masyarakat ini justru membuat bingung kapan waktu yang tepat untuk berjemur.

Baca juga: Perusahaan Otomotif Ini Buka Lowongan Kerja D4-S1, Simak Infonya

Banyak kontroversi bermunculan tentang waktu berjemur yang baik dimulai dari pukul 08.00, pukul 09.00 ada juga yang bilang pukul 10.00 hingga 14.00.

Mimi mengatakan, berdasarkan Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) melakukan penelitian tentang indeks UV.

Dalam penelitian tersebut waktu terbaik untuk berjemur dan meningkatkan vitamin D3 yakni pukul 09.00. Durasinya juga tidak terlalu lama, diawali dengan 5 menit dan ditambah secara bertahap maksimal 15 menit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.